Proses perkaratan besi pada suhu kamar ditentukan oleh adanya

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Proses perkaratan besi pada suhu kamar ditentukan oleh adanya

Proses perkaratan besi pada suhu kamar di tentukan oleh adanya Oksigen dan Air (C)

Penjelasan:

Pengkaratan atau Korosi merupakan reaksi yang umum terjadi pada benda logam yang ada disekitar kita. Secara ilmu kimia Pengkaratan atau Korosi merupakan salah satu reaksi kimia antara benda logam dengan udara sekitar (Oksigen) yang disebut dengan reaksi Oksidasi.

Reaksi Oksidasi pada benda logam di lingkungan sekitar terjadi karena terjadinya proses pengikatan Oksigen dalam udara oleh benda logam tersebut sehingga mengghasilkan suatu produk reaksi yang kita kenal sebagai Karat.

Secara umum proses reaksi kimia pengkaratan dari besi bisa dituliskan sebagai berikut:

2 Fe    +    3/2 O₂     ==>  Fe₂O₃

 Besi         Udara              Karat

adapun faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengkaratan atau Korosi dari besi adalah sebagai berikut:

Udara / Oksigen

Jika tidak ada kandungan oksigen dalam udara, maka proses pengkaratan / korosi tidak akan terjadi. Itulah kenapa disekitar kita banyak besi yang dilapisi dengan cat, yaitu fungsinya untuk membatasi proses bersentuhnya permukaan besik dengan oksigen yang ada di udara sehingga proses reaksi Pengkaratan / Korosi dapat dihindari.

Air / Kelembaban

Air atau kelembaban dari lingkungan akan mempercepat proses pengkaratan / korosi yang sedang berlangsung. Jika kita pelajari lebih detail secara kimia reaksi pengkaratan / korosi merupakan reaksi elektrokimia yang berjalan secara alami, logam besi merupakan logam yang memiliki nilai potensial elektroda yang kecil yaitu sekitar 0,4 V sehingga akan sangat mudah mengalami proses Pengkaratan / Korosi ketika bertemu dengan oksigen dan air atau uap air.

Baca Juga  Kerjakan latihan berikut sesuai dengan instruksinya

Kecilnya nilai potensial elektroda juga menjadi alasan besi lebih mudah teroksidasi dibandingkan logam lainnya seperti perak, platina, dan emas yang memiliki nilai potensial elektroda lebih besar dari 0,4 V yang dimiliki oleh besi.

Kondisi Lingkungan (Suasana Asam atau Basa)

Kondisi lingkungan yang asam dan basa akan mempercepat proses reaksi pengkaratan / Korosi yang sedang berlangsung pada besi. Suasan asam merupakan suasana yang mengandung banyak senyawa asam di dalamnya yang artinya banyak mengandung senyawa yang bersifat Korosif.

Permukaan Besi

Permukaan besi yang rata dan halus akan memperlambat proses reaksi Pengakaratan / Korosi yang berlangsung karena bidang sentuh yang kecil jika dibandingkan dengan permukaan besi yang tidak rata.

Permukaan besi yang tidak rata merupakan permukaan yang memiliki bidang sentuh yang besar sehingga ketika bersentuhan langsung dengan oksigen yang terkandung dalam udara maka reaksi Pengakaratan / Korosi dapat berjalan dengan cepat.

Karat itu sendiri

Karat yang dihasilkan dari proses reaksi pengkaratan / Korosi itu sendiri ternyata bisa berfungsi sebagai autokatalis yaitu suatu zat yang dapat mempercepat laju reaksi dari pengkaratan / korosi yang terjadi disekitarnya.

Jadi, berdasarkan pada pemaparan diatas dari berbagai faktor yang ada maka 2 jenis zat yang dapat menyebabkan besi berkarat adalah Udara atau Oksigen dan Air (C).

Demikian penjelasan terkait Faktor-faktor yang dapat menyebabkan proses pengkaratan / korosi terjadi pada besi.

Pelajari soal-soal Reaksi Redoks lainnya melalui link berikut:

Pengertian Reaksi Redoks

Konsep Reaksi Redoks berdasarkan pengikatan Oksigen

Penentuan Reaksi Autoredoks

Selamat Belajar dan Tetap Semangat!!!

#AyoBelajar

———————————————————————————————-

Detail Jawaban:

Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan corner kick

Kelas            : X

Mapel           : KIMIA

BAB              : Redoks

Kode             : 10.7.9.

———————————————————————————————-

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Proses perkaratan besi pada suhu kamar ditentukan oleh adanya Semoga Membantu.