Negara asia tenggara di sebelah timur laos

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Negara asia tenggara di sebelah timur laos

Negara Asia Tenggara di sebelah timur Laos adalah Vietnam

Pembahasan:

Vietnam adalah negara di Asia Tenggara, di selatan China, di timur Laos dan Kamboja, dan di barat Laut China Selatan. Vietnam memiliki luas 331 211 km persegi dan beriklim tropis hingga sub tropis.

Bagian barat Vietnam didominasi pegunungan Annam dan dataran tinggi. Pegunungan ini membentang dan memisahkan Laos dengan Vietnam.

Pada pegunungan ini terdapat Fan Si Pan, setinggi 3142 meter yang merupakan puncak tertinggi Vietnam. Wilayah ini di dominasi hutan dan  perkebunan dan merupakan daerah penghasil kopi Vietnam.

Bagian utara Vietnam adalah daerah aliran Sungai Merah (Hong He). Delta Sungai Merah adalah wilayah berbentuk segitiga yang berupa tanah datar seluas 15.000 kilometer persegi.

Wilayah ini lebih kecil namun lebih berkembang dan lebih padat daripada Delta Sungai Mekong. Wilayah ini merupakan tanah leluhur etnis Vietnam (suku Kinh). Ibukota Vietnam, Hanoi, berada di wilayah ini.

Bagian timur Vietnam memiliki dataran rendah pesisir yang sempit dan datar membentang dari pinggir selatan Delta Sungai Merah ke lembah Sungai Mekong.

Wilayah ini merupakan wilayah yang berbatasan dengan Laut China Selatan dengan garis pantai 3260 kilometer. Umumnya dataran pantai ini subur dan padi dibudidayakan secara intensif. Kota penting di wilayah ini adalah kota Da Nang dan kota Hue. Wilayah ini dulunya merupakan tanah leluhur suku bangsa Champa, sebelum ditaklukkan oleh Vietnam pada abad ke 15 M.  

Bagian selatan Vietnam adalah Delta Sungai Mekong. Delta ini mencakup sekitar 40.000 kilometer persegi, berupa dataran rendah. Begitu banyak sedimen yang dibawa oleh berbagai cabang dan anak sungai di Mekong sehingga wilayah ini sangat subur.

Baca Juga  Apa yang dimaksud pelayaran hongi

Wilayah ini adalah pusat pertanian padi selain lembah Sungai Merah. Kota Ho Chi Minh City (dulu Saigon) adalah kota terbesar kedua Vietnam dan terletak di wilayah ini. Wilayah ini dulunya adalah tanah sukuKhmer (Kamboja) sebelum ditaklukkan oleh Vietnam pada abad 17an.  

———————————————————————

Pelajari lebih lanjut:

Sumber daya alam yang ada di Vietnam apa saja?  

Detail Jawaban  

Kode: 9.10.9  

Kelas: IX  

Mata Pelajaran: IPS  

Materi: Bab 9 – Asia Tenggara

Kata Kunci: Vietnam

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Negara asia tenggara di sebelah timur laos Semoga Membantu.