Sebutkan keadaan alam negara laos

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan keadaan alam negara laos

Keadaan alam negara Laos:

  1. Terletak di daratan Asia Tenggara
  2. Beriklim Tropis
  3. Berada di lembah Sungai Mekong yang subur
  4. Di bagian timur terletak perbukitan dan pegunungan
  5. Tidak memiliki garis pantai (terkurung daratan)

Pembahasan:

Laos adalah negara yang terletak di Asia Tenggara. Laos berbatasan dengan Myanmar dan Thailand di barat, China di utara, Vietnam di timur dan Kamboja di selatan. Laos memiliki wilayah sekitar 236.000 kilometer persegi, dan memiliki populasi hanya sekitar 7 juta.

Dengan letak di Asia Tenggara yang dekat dengan Garis Khatulistiwa, maka Laos beriklim Tropis. Iklim  ini ditandai dengan suhu hangat dan sinar matahari yang banyak. Curah hujan di Laos dipengaruhi angin muson, dengan adanya musim kemarau yang dingin dari bulan Oktober – Maret, musim panas dengan sedikit hujan dari bulan April – Juni dan kemudian musim hujan lebat yang hangat dari bulan Juli – September.

Wilayah Laos sebagian besar berbukit-bukit dan bergunung-gunung, terutama di bagian timur dekat Pegunungan Annam yang memisahkan Laos dengan Vietnam.  

Wilayah datar terdapat di sekitar tepian Sungai Mekong. Ibukota sekaligus kota terbesar Laos, Vientiane, terletak di bagian utara di tepi Sungai Mekong. Sebagian besar rakyat Laos hidup dari pertanian di wilayah aliran sungai Mekong.

Sungai Mekong membentang di sisi barat Laos, dan memisahkan negara ini dengan Thailand. Kesuburan dari lembah sungai Mekong berasal dari sedimen dari bagian hulu sungai Mekong, yang kaya nutrisi yang dibawa oleh aliran sungai Mekong ini. Sedimen ini membentuk tanah yang subur di lembah Mekong dan memungkinkan daerah ini untuk menghasilkan padi dalam jumlah besar.

Baca Juga  Sebutkan 3 faktor yang harus dicantumkan pada desain produk pendahuluan

Laos tidak memiliki garis pantai dan dikelilingi oleh negara lain. Sehingga Laos merupakan negara terkurung daratan  (land-locked). Untuk ekspor dan impor, Laos harus mengandalkan pelabuhan yang dimiliki oleh negara tetangganya.  

—————————————————————————-

Pelajari Lebih Lanjut

1. Negara Asia Tenggara di sebelah timur Laos adalah?

2. Apa nama pakaian tradisional Laos??

Detail Jawaban    

Kode: 9.10.9    

Kelas: IX    

Mata Pelajaran: IPS    

Materi: Bab 9 – Asia Tenggara  

Kata Kunci: Laos  

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan keadaan alam negara laos Semoga Membantu.