Jenis tanah yang mendominasi kawasan asia tenggara adalah

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jenis tanah yang mendominasi kawasan asia tenggara adalah

Jawaban:

Jenis tanah yang mendominasi kawasan asia tenggara adalah…

 

d. vulkanik dan alluvial  

Pembahasan:

Tanah vulkanik adalah tanah yang terbentuk dari pengendapan abu vulkanik, yang dikeluarkan akibat letusan dan asap gunung berapi. Tanah volknaik ini menjadikan wilayah Asia Tenggara sangat subur dan cocok sebagai wilayah pertanian, terutama pertanian padi.  

Jenis tanah ini banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara karena banyaknya gunung berapi yang ada di wilayah ini. Di Indonesia, gunung berapi ini misalnya adalah Gunung Merapi (2930 m), Bromo (2329 m), Ijen (2799 m) dan Semeru (3676 m) di Pulau Jawa, Gunung Rinjani (3726 m) di Pulau Lombok, serta Gunung Agung (3031 m) dan Gunung Batur (1717 m) di Pulau Bali.

Sementara itu, di luar Indonesia gunung berapi banyak di temukan di wilayah negara Filipina. Gunung berapi di Filipina misalnya adalah Gunung Mayon (2463 m) dan Gunung Pinatubo (1486 m) di Pulau Luzon dan Gunung Apo (2954 m) di Pulau Mindanao.

Tanah alluvial adalah tanah yang terbentuk akibat pengendapan material yang dibawa oleh aliran sungai. Dengan wilayah yang beriklim Tropis dan memiliki curah hujan tinggi, banyak terdapat sungai-sungai yang besar di Asia Tenggara. Ini membuat tanah alluvial banyak terdapat di Asia Tenggara.

Sungai besar ini misalnya adalah sungai Mekong (4350 km) di wilayah Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam, sungau Chao Phraya (372 km) di Thailand, sungai Musi (750 km) serta sungai Kapuas (1143 km) di Indonesia.

Kode: 9.10.9

Kelas: IX

Mata Pelajaran: IPS/Geografi    

Baca Juga  Bekantan berkembang biak dengan cara

Materi: Bab 9 – Asia Tenggara

Kata Kunci: Tanah di Asia Tenggara

 

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jenis tanah yang mendominasi kawasan asia tenggara adalah Semoga Membantu.