Badak bercula satu terdapat di indonesia di daerah

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Badak bercula satu terdapat di indonesia di daerah

Badak bercula satu terdapat di daerah Indonesia bagian barat. Badak bercula satu dilestarikan di daerah Ujung Kulon, Banten. Badak bercula satu tergolong jenis fauna tipe asiatis.

Pembahasan

Flora dan fauna di dunia tersebar tidak merata. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Klimatik, yaitu faktor persebaran yang dipengaruhi oleh kondisi iklim, seperti curah hujan, tekanan udara, dan angin.
  2. Edafik, yaitu faktor persebaran yang dipengaruhi oleh kondisi tanah, seperti kandungan unsur hara dan jenis tanah.
  3. Morfologi, yaitu faktor persebaran yang dipengaruhi oleh bentuk muka bumi, seperti dataran tinggi dan dataran rendah.
  4. Biotik, yaitu faktor persebaran yang dipengaruhi oleh makhluk hidup, seperti mikroorganisme.

Perlu kamu ketahui bahwa persebaran flora dan fauna di Indonesia dibatasi oleh dua garis khayal, yaitu

  1. Garis wallace, merupakan garis khayal yang membatasi jenis flora dan fauna tipe asiatis dan tipe peralihan. Garis wallace terletak di sepanjang Selat Lombok hingga Selat Makassar.
  2. Garis weber, merupakan garis khayal yang membatasi jenis flora dan fauna tipe peralihan dan tipe australis. Garis weber terletak di sepanjang selatan Timor, Laut Banda, hingga Laut Maluku.

Persebaran fauna di Indonesia lebih disebabkan karena kondisi geologis Indonesia. Berikut ini merupakan persebaran fauna di Indonesia:

  1. Fauna tipe asiatis, merupakan fauna yang tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, jawa, dan Bali. Contoh fauna tipe asiatis adalah orang utan, gajah, dan banteng.
  2. Fauna tipe peralihan, merupakan fauna yang tersebar di wilayah Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku. Contoh fauna tipe peralihan adalah burung maleo, komodo, dan anoa.
  3. Fauna tipe australis, merupakan fauna yang tersebar di wilayah Papua. Contoh fauna tipe australis adalah burung cendrawasih, burung kakatua, dan kangguru.
Baca Juga  Peristiwa sehari hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menguap

Detil jawaban

Kelas: XI

Mapel: Geografi

Bab: Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia

Kode: 11.8.2

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Badak bercula satu terdapat di indonesia di daerah Semoga Membantu.