Jenis fauna dan asal kelompok fauna

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jenis fauna dan asal kelompok fauna

Jawaban:

Jenis fauna, asal kelompok fauna, dan alasannya

  1. Fauna Asiatis, berasal dari Indonesia bagian barat (pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan), karena wilayah ini dahulu terhubung dengan Benua Asia. Contoh fauna Asiatis adalah gajah, primata (oranghutan, siamang, owa jawa), dan harimau
  2. Fauna Peralihan, berasal dari Indonesia bagian tengah (Sulawesi dan Nusa Tenggara) , karena wilayah ini dahulu terpisah baik dari benua Asia maupun Australia. Contoh fauna Peralihan adalah anoa, komodo, dan burung maleo
  3. Fauna Australis, berasal dari Indonesia bagian timur (pulau Papua dan sekitarnya), karena wilayah ini dahulu terhubung dengan Benua Australia. Contoh fauna Australis adalah mamalia berkantong (kanguru pohon, bandikot), serta burung cendrawasih dan kasuari

Pembahasan:

Wilayah Indonesia dapat dibagi menjadi tiga wilayah, dari distribusi makhluk hidupnya. Pada wilayah Indonesia bagian barat, terdapat flora dan fauna yang berasal benua Asia. Wilayah ini terdiri dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali dan pulau kecil disekelilingnya, seperti Bangka, Belitung, Lingga, Madura dan Bawean.

Fauna di daerah ini bersifat Asiatis karena memiliki kesamaan dengan fauna di daratan benua Asia. Contoh fauna ini adalah gajah Sumatera, badak Jawa, harimau Sumatera dan siamang. Fauna ini memiliki kemiripan dengan fauna yang berada di Asia, seperti gajah, badak dan kera dari India.

Sementara pada wilayah Indonesia bagian timur, terdapat flora dan fauna yang berasal benua Australia. Wilayah ini terdiri dari pulau Papua dan sekitarnya, seperti pulau Biak, dan kepulauan Raja Ampat.

Baca Juga  Upacara ngaben merupakan kebiasaan adat daerah

Fauna di daerah ini bersifat Australis karena memiliki kesamaan dengan fauna di daratan benua Australia. Contoh fauna ini adalah fauna ini adalah marsupalia (mamalia berkantung) seperti kanguru pohon. Binatang ini memiliki kekerabatan dengan marsupalia di Australia seperti kanguru dan koala.

Wilayah diantara kedua wilayah ini disebut wilayah Peralihan. Wilayah ini terdiri dari pulau Sulawesi dan kepulauan Nusa Tenggara. Fauna di daerah ini berbeda dengan fauna di kedua daerah. Contoh dari fauna ini adalah kadal komodo, kadal terbesar di dunia, yang hanya bisa ditemukan di pulau Komodo, Rinca dan Flores.

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Jenis fauna dan asal kelompok fauna Semoga Membantu.