Masa bercocok tanam dianggap sebagai tonggak kemajuan manusia karena

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Masa bercocok tanam dianggap sebagai tonggak kemajuan manusia karena

Masa bercocok tanam merupakan tonggak kemajuan di bidang kehidupan manusia. Hal ini disebabkan?

a. revolusi dari food gathering ke food producing  

Pembahasan:

Pada zaman Neolitikum kehidupan manusia mengalami perkembangan pesat karena pada masa ini manusia mulai mengenal budidaya tanaman dan domestikasi atau penjinakan hewan, yang berakibat perubahan budaya manusia dari nomaden (berpindah pindah) menjadi menetap dan dari berburu-mengumpul (hunter-gatherer) menjadi bertani. Proses ini sering disebut Revolusi Neolitik.

Revolusi Neoliti ini merubah paradigma kehidupan dari berburu dan meramu (food gathering) menjadi bercocok tanam dan berternak untuk menghasilkan makanan (food producing).

Pada revolusi ini terjadi pengembangan teknik pertanian awal, budidaya tanaman, dan domestikasi hewan. Tanaman yang dikembangkan pertaniannya misalnya adalah gandum di Mesopotamia dan lembah Sungai Nil, padi di India dan China, kentang di pegunungan Andes serta Jagung di Amerika Tengah.

Revolusi Neolitik menyebabkan pola tinggal manusia berubah menjadi di permukiman tetap. Hal ini disebabkan karena adanya kemampuan untuk memghasilkan makanan secara terus menerus di tempat yang tetap dengan bertanam dan berternak, tanpa harus berpindah-pindah mengikuti hewan buruan atau musim buah liar saat masa-masa sebelumnya.

Surplus atau kelebihan dari hasil tanam ini memungkinkan manusia untuk melalui masa paceklik atau jarang makanan sehingga manusia bisa tinggal menetap. Untuk menyimpan surplus ini menjadi pendorong dikembangkannya gerabah atau tembikar pada masa Neolitikum.

———————————————————————–

Pelajari lebih lanjut

Pembagian zaman batu dan pola kehidupan masyarakat

Detail Jawaban  

Kode: –

Kelas: VII  

Mata pelajaran: IPS / Sejarah    

Baca Juga  Agresi militer belanda 2 tanggal 19 desember 1948 terjadi karena

Materi: Manusia Purba

Kata kunci: Revolusi Neolitik, Food Gathering

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Masa bercocok tanam dianggap sebagai tonggak kemajuan manusia karena Semoga Membantu.