gambar tersebut menunjukkan corak kehidupan masyarakat praaksara yaitu masa

gambar tersebut menunjukkan corak kehidupan masyarakat praaksara yaitu masa

A.mengumpulkan makanan yang berfungi untuk alas gerabah
B. perundagian yang berfungsi sebagai senjata rakyat
C. meramu dan berburu yang berfungsi untuk menusuk binatang
D. bercocok tanam yang berfungsi untuk mencangkul tanah
E. beternak yang berfungsi untuk memotong binatang

jawaban

Gambar tersebut menunjukkan corak kehidupan masyarakat praakasara yaitu masa…

C. meramu dan berburu yang berfungsi untuk menusuk binatang

Alat dalam gambar adalah kapak genggam atau chopper, yang digunakan untuk menumbuk biji-bijian, membuat serat-serat dari pepohonan, membunuh binatang buruan, dan sebagai senjata.

Pembahasan:

Pada masa Praaksara, manusia hidup dalam kelompok kecil dan manusia mendapatkan makanan dengan hidup dengan berburu hewan liar dan meramu (mengumpulkan) tanaman liar serta kerang di pantai.

Manusia purba menggunakan alat batu untuk berburu, mengolah makanan, membuat pakaian dan membuat api. Alat batu ini dibuat dengan memotong batuan menjadi tajam.

Alat batu ini misalnya adalah kapak genggam atau chopper pada soal ini, yang berasal dari masa Paleolitikum. Kapak genggan dibuat dari batu yang ditumbukkan dengan batuan lain sehingga menghasilkan sisi yang tajam. Kapak genggam berbentuk kasar dan digunakan dengan digenggam di tangan. Kapak genggam digunakan untuk mengumpulkan makanan, seperti untuk menumbuk biji-biji tanaman dan berburu hewan.

Kapak genggam yang masih kasar ini berbeda dengan kapak lonjong dari jaman bercocok tanam pada masa Neolitikum, yang lebih maju, berbentuk halus dan dapat digunakan dengan diikat pada batang kayu.

Baca Juga  koperasi adalah bentuk usaha ekonomi yang mengutamakan?