Kapan suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Kapan suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan

Suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian  terhadap makhluk hidup. Zat sebagai polutan jika jumlahnya melebihi normal dan berada pada waktu  yang tidak tepat dan di tempat yang tidak tepat. Polutan adalah zat yang menyebabkan polusi/pencemaran.

Pembahasan

Lingkungan adalah tempat makhluk hidup melakukan segala sesuatu. Lingkungan dapat membawa dampak positif maupu negatif bagi makhluk hidup. Dampak negatif terjadi salah satunya apabila lingkungan mengalami pencemaran oleh polutan sehingga kualitas menurun dan dapat membawa dampak buruk bagi mahkhluk hidup.  

Pencemaran adalah masuknya makluk  hidup, zat, energi, dan komponen lain ke dalam lingkungan yang dilakukan sengaja atau terjadi secara alami. Dapat pula didefinisikan sebagai  berubahnya  tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam. Perubahan ini menyebabkan kualitas  lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi  kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Pencemaran lingkungan dibagi 3 berdasar tempat terjadinya, yaitu:

1. Pencemaran  udara

Udara dikatakan tercemar jika udara tersebut mengandung unsur-unsur yang  mengotori udara. Pencemaran udara disebabkan oleh asap buangan, misalnya gas  CO₂ hasil pembakaran, SO, SO₂, CFC, CO, dan asap rokok. Setiap bahan buangan  penyebab pencemaran udara tersebut memiliki dampak sendiri-sendiri bagi manusia.

2. Pencemaran air

  • Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat,  energi, unsur, atau komponen lainnya ke dalam air sehingga menyebabkan kualitas  air terganggu. Kualitas air yang terganggu ditandai dengan perubahan bau, rasa, dan  warna.
  • Ditinjau dari asal polutan dan sumber pencemarannya, pencemaran air dapat  dibedakan antara lain: limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan limbah industri.
Baca Juga  Alat untuk mewarnai kain batik dinamakan

3. Pencemaran tanah

Pencemaran tanah disebabkan oleh beberapa jenis polutan diantaranya:

  • Sampah-sampah plastik yang sukar hancur, botol, karet sintesis, pecahan kaca, dan kaleng
  • Detergen yang bersifat non biodegradable (secara alami sulit diuraikan)
  • Zat kimia dari buangan pertanian, misalnya insektisida.

Detil jawaban  

Kelas: 1 SMP  

Mapel: Biologi  

Bab: Pecemaran lingkungan  

Kode: 7.4.9

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Kapan suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan Semoga Membantu.