Tuliskan tiga dampak pencemaran sungai bagi manusia

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tuliskan tiga dampak pencemaran sungai bagi manusia

3 dampak pencemaran sungai bagi manusia adalah:

  1. Timbulnya berbagai penyakit
  2. Matinya ikan di sungai
  3. Kesulitan mendapatkan air

Pembahasan:

Air sungai dapat tercemar oleh zat kimia dari limbah domestik (limbah rumahtangga) ataupun limbah lainnya (seperti limbah industri). Air yang tercemar ini dapat dideteksi dari baunya yang busuk dan warna yang berubah.

Air sungai yang tercemar menyebabkan berbagai dampak negatif seperti:  

1. Timbulnya berbagai penyakit  

Air yang tercemar limbah rumah tangga dapat menyebabkan penyakit, seperti gatal-gatal kulit akibat adanya mikroorganisme dari air ini.  

Akibat masuknya ion merkuri atau raksa dari limbah tambang atau industri elektronik pada sungai menjadikan sel-sel tubuh mudah rusak. Ini terjadi pada sel otak dan syaraf. Kondisi gangguan syaraf ini disebut dengan penyakit Minamata. Penyakit ini ditandai dengan mati rasa pada sendi tulang, kesulitan berbicara dan rusaknya indera pada mata dan pendengaran.

2. Matinya ikan di sungai  

Pencemaran air menyebabkan kerusakan lingkungan yang membuat ikan sumber makanan manusia menjadi mati akibat eutrofikasi.

Eutrofikasi diakibatkan limbah non domestik yaitu limbah sisa pupuk yang digunakan oleh pertanian. Eutrofikasi adalah peningkatan kandungan nutrisi di perairan, yang merangsang pertumbuhan eksplosif alga yang menghalangi sinar matahari masuk ke dalam air dan menghabiskan oksigen di air saat membusuk.

3. Kesulitan mendapatkan air

Manusia menggunakan sungai sebagai sumber air untuk minum, irigasi, maupun aktivitas sehari-hari seperti mandi. Bila air tercemar, maka air akan tidak bisa digunakan, sebab berbahaya bagi kesehatan. Pencemaran sungai membuat manusia kesulitan mendapat air, dan harus mencari sumber lain atau bahkan membeli air.

Baca Juga  Bagaimana nilai nilai persatuan dan kesatuan diterapkan pada peristiwa tersebut

————————————————————————————-

Detail Jawaban  

Kode: 7.4.9  

Kelas: VII  

Mata pelajaran: Biologi        

Materi: Bab 9 – Pencemaran Lingkungan    

Kata kunci: Dampak Limbah di Sungai  

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tuliskan tiga dampak pencemaran sungai bagi manusia Semoga Membantu.