Suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan apabila

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan apabila

Suatu zat dapat dikatakan polutan adalah diatas kadar normal, digunakan pada saat yang tidak tepat, berada pada tempat yang tidak semestinya, dan berpotensi mengganggu keseimbangan alam.

Pembahasan :

Polutan adalah suatu zat yang baik secara sengaja maupun tidak sengaja yang masuk ke dalam lingkungan yang berpotensi menyebabkan adanya suatu pencemaran lingkungan. Polutan ini dapat saja berasal dari bahan kimia ataupun sampah organik yang masuk ke dalam suatu lingkungan. Polutan ini dapat terjadi jika suatu zat memenuhi syarat sebagai berikut :

Penggunaan Diatas Kadar Normal

Walaupun suatu benda yang dianggap tidak berbahaya pun jika penggunaannya di atas kadar normal, maka tidak akan menjadi polutan. Sebagai contoh gas CO₂ yang bila digunakan dala jumlah kecil tidak akan menimbulka adanya pencemaran. Jika zat CO₂ terlalu banyak maka akan membentuk suatu efek rumah kaca.

Pemakaian tidak pada waktu yang semestinya

Pemakaian tidak pada waktu yang semestinya ini juga dapat menjadi polutan. Contohnya : pemakaian insektisida pada saat musim hujan menyebabkan insektisida sehingga insektisida yang awalnya disemprotkan pada daun dan batang akan terkena air hujan dan jatuh ke tanah sehingga dapat menyebabkan kematian pada organisme menguntungkan pada tanah.

Pemakaian tidak pada tempat yang tepat

Pemakaian yang tidak pada tempatnya juga dapat menjadi polutan bagi makhluk hidup lainnya. Contohnya : Suatu pabrik yang berada di populasi padat penduduk menyebabkan polusi udara yang akhirnya dapat menyebabkan gangguan pernapasan bagi penduduk di sekitar pabrik.

Baca Juga  Berkembangnya sistem pendidikan barat melahirkan golongan

Berpotensi mengganggu lingkungan

Jika suatu zat dicap sebagai polutan pasti akan mengganggu keseimbangan lingkungan. Pada contoh-contoh yang telah diberikan di atas, kita dapat melihat bahwa polutan akan selalu berdampak buruk bagi lingkungan di sekitarnya.

Detail Soal :

Kelas : 7

Mata Pelajaran : Biologi

Materi : Bab 9 – Pencemaran Lingkungan

Kata Kunci : Polutan; Pencemaran Lingkungan

Kode Kategorisasi : 7.4.9

Pelajari Lebih Lanjut :

#OptiTeamCompetition

#TingkatkanPrestasimu

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan apabila Semoga Membantu.