Faktor negatif mobilitas sosial ditunjukkan pada nomor

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor negatif mobilitas sosial ditunjukkan pada nomor

Sebutkan dampak positif dan negatif mobilitas sosial

Jawaban

Pendahuluan

Mobilitas sosial atau gerak sosial merupakan suatu perubahan, pergeseran, peningkatan atau penurunan status, serta peran dari anggotanya. Jika mobilitas sosial terjadi hal ini dapat mendorong integrasi sosial. Dikatakan seseorang melakukan mobilitas sosial ialah ketika orang tersebut akan memasuki kelompok sosial baru dengan menyesuaikan diri terhadap nilai dan norma yang berlaku pada kelompok tersebut. Sesuai dengan soal yang akan dibahas dampak dari suatu mobilitas sosial seperti apa saja ? mari kita simak.

Pembahasan

Dampak Positif mobilitas sosial

  • Dengan adanya penyesuaian diri terhadap lingkungan baru atau kelompok baru, hal ini dapat menjadikan suatu tempat untuk belajar berkomunikasi yang lebih baik lagi kepada seseorang dari penyesuaian yang dilakukan.
  • Kesempatan yang didapatkan ketika melakukan mobilitas sosial dapat mendorong seseorang untuk lebih bekerja keras dan bersaing pada lingkungannya yang baru atau motivasi untuk lebih maju.
  • Masyarakat akan lebih terarah kepada hal yang lebih baik karena mobilitas sosial akan mempercepat tingkat perubahan sosial.

Dampak negatif mobilitas sosial

  • Berkurangnya solidaritas kelompok, jika seseorang melakukan mobilitas sosial ia akan cenderung jauh dari kelompok yang sebelumnya menjadi lingkungannya.
  • Seseorang yang melakukan mobilitas sosial akan mengalami gangguan psikologis jika ia tidak bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru ia alami seperti halnya turun jabatan.
  • Terjadinya konflik antar kelas sosial yang dialami pada seseornag yang melakukan mobilitas sosial seperti perbedaan kepentingan hal ini akan memicu terjadinya suatu konflik.
Baca Juga  Cara membuat ringkasan kelas 4 sd

Kesimpulan

Kesimpulan dari dampak positif dan dampak negatif adalah dapat dilihat dari masing – masing kepribadian seseorang jika dihadapkan pada suatu kelompok baru. Apakah ia dapat menyesuaikan diri atau malah menjadi tertekan karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Demikian kesimpulan yang dapat kakak berikan semoga membantu ya. Terimakasih

Pelajari lebih lanjut

  1. Apa pengertian mobilitas sosial brainly.co.id/tugas/6365322
  2. Sebutkan 6 contoh mobilitas sosial brainly.co.id/tugas/12721317

———————————————————————————————

Detil jawaban

Kelas : VIII SMP

Mapel : IPS

Bab : Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan

Kode : 8.10.2

Kata kunci : Mobilitas sosial, sosiologi, dampak positif, dampak negatif.

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Faktor negatif mobilitas sosial ditunjukkan pada nomor Semoga Membantu.