Apa alasan bangsa indonesia memperjuangkan kemerdekaan

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa alasan bangsa indonesia memperjuangkan kemerdekaan

Jawaban:

1. alasan bangsa indonesia memperjuangkan kemerdekaan untuk memajukan kesejahteraan umum, yaitu supaya rakyat indonesia lebih makmur dan lebih sejahtera daripada masa sebelum kemerdekaan dahulu.

2. peristiwa rengasdengklok memberi makna bahwa proklamasi kemerdekaaan yaitu bahwa kaum muda yang dipimpin oleh Sultan Syahrir ingin agar Ir. Soekarno segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Di samping itu Kaum muda ingin agar Ir. Soekarno tidak terpengaruh dari jepang dengan iming – iming yang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia.

3. Perumusan naskah proklamasi dilakukan di ruang makan Laksamana Maeda pada 17 Agustus 1945, pukul 03.00 WIB. Sementara itu, Maeda memisahkan diri dan naik ke lantai dua. Penyusunan teks naskah proklamasi yang melibatkan tiga tokoh nasional, yakni Soekarno, Hatta dan Ahmad Soebardjo, yang juga disaksikan oleh Miyoshi, Sukarni, Sudiro, dan B.M. Diah. Teks proklamasi tersebut memuat pernyataan tegas dan berkeinginan bahwa bangsa Indonesia untuk menjadi negara merdeka yang menentukan nasibnya sendiri. Kalimat pertama dalam naskah dicetuskan oleh Ahmad Soebardjo, sedangkan kalimat terakhir disumbang oleh Moh. Hatta. Setelah perumusan naskah, teks proklamasi tersebut diketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani oleh Soekarno-Hatta. Kemudian, naskah dibacakan oleh Soekarno pada pukul 10.00 di Jalan Pegangsaan Timur No.56.

Dengan demikian proses perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia terdiri dari: Disusun oleh Soekarno, Hatta, dan Ahmad Soebardjo, diketik oleh Sayuti Melik, dan ditandatangani oleh Soekarno dan bung Hatta, lalu dibacakan oleh Soekarno.

4. Proklamasi. Kami, bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 yang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja. Djakarta, 17-8-’05. Wakil2 bangsa Indonesia.”

Baca Juga  Tugas dari dte data terminal equipment adalah

3 perubahan redaksi atas teks proklamasi kemerdekaan Indonesia:

teks proklamasi di tulisan tangan yang di tulis langsung oleh Ir. Soekarno dengan bahasa sanskerta yang di mana di ketik oleh Sayuti Melik adalah

– Tempoh menjadi tempo

– Djakarta, 17 – 8 – ’05 menjadi Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen ’05

– Wakil bangsa Indonesia menjadi Atas Nama Bangsa Indonesia

5. a. Aspek Hukum, proklamasi adalah pertanyaan yang isinya berupa keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial (bangsa penjajah) dan diganti dengan hukum nasional (indonesia), yaitu denga lahirnya NKRI. dengan demikian, seluruh produk hukum bangsa penjajah digantikan dengan produk hukum bangsa Indonesia.

b. aspek Historis, proklamasi adalah semua titik akhir dari sejarah penjajahan di bumi Indonesia sekaligus menjadikan sebuah titik awal Indonesia sebagai negara yang merdeka bebas dari penjajahan bangsa lain. oleh karena itu sejarah dapat membuktikan bahwa bangsa indonesia mampu melawan dan mengusir penjajah walaupun dengan peralatan yang sederhana.

c. Aspek Kultural, proklamasai dapat membangun peradaban baru bagi bangsa yang dapat digolongkan pribumi (pada masa penjajahaan Belanda) menjadikan bangsa yang mengakui persamaan harkat, martabat, dan derajat manusia yang sama. setelah itu proklamasi, bangsa Indonesia menjunjung tinggi suatu nilai kemanusiaan setelah pada masa penjajahan begitu banyak pemaksaan yang telah dilakukan oleh penjajah untuk melakukan suatu pekerjaan.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa alasan bangsa indonesia memperjuangkan kemerdekaan Semoga Membantu.