Latar belakang terjadinya peristiwa rengasdengklok

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Latar belakang terjadinya peristiwa rengasdengklok

Latar belakang terjadinya Peristiwa Rengasdengklok adalah keinginan golongan muda, agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia segera setelah Jepang menyerah pada 15 Agustus 1945 kepada Sekutu., untuk menghindari kembalinya Belanda ke Indonesia dan menghindari adanya kekosongan kekuasaan (vacuum of power).

Pembahasan:

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda dari perkumpulan “Menteng 31” terhadap Soekarno dan Muhammad Hatta. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00, dengan membawa kedua tokoh ini ke Rengasdengklok, sebuah kota kecil di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Peristiwa ini dilatarbelakangi keinginan para tokoh tua dalam perjuangan kemerdekaan, yaitu Achmad Soebardjo, Soekarno dan Hatta, yang ingin agar kemerdekaan diproklamasikan melalui PPKI (Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia). Namun golongan muda berpendapat bahwa kemerdekaan Indonesia tidak boleh bergantung pada negara lain, dan tidak ingin proklamasi kemerdekaan melalui PPKI yang merupakan bentukan Jepang.

Golongan muda juga menginginkan kemerdekaan diproklamasikan segera setelah Jepang menyerah pada 15 Agustus 1945 kepada Sekutu. Para pemuda khawatir bila menunggu terlalu lama, maka Belanda akan kembali ke Indonesia dengan mebonceng Sekutu yang memenangi Perang Dunia II.

Para pemuda juga ingin menghindari adanya kekosongan keuangan (vacuum of power) akibat menyerahnya Jepang yang membuat tidak ada pemerintahan di Indonesia.

Para pemuda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok, dan berharap Soekarno dan Hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 16 Agustus 1945. Namun Sukarno dan Hatta menolak usul ini. Setelah Ahmad Subarjo datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta.

Baca Juga  Limbah tempurung kelapa merupakan penggolongan limbah organik daerah

Akhirnya, Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, yang saat ini dinamakan Jalan Proklamasi. Tempat ini merupakan kediaman Ir Sukarno.  

—————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut    

Ketika tiba di Jakarta dari Rengasdengklok, Soekarno, dan Moh. Hatta segera menemui ….

Detail Jawaban    

Kode: 9.10.3  

Kelas: IX  

Mata pelajaran: IPS/Sejarah  

Materi: Bab 3 – Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan (1945-1949)  

Kata kunci: Peristiwa Rengasdengklok  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Latar belakang terjadinya peristiwa rengasdengklok Semoga Membantu.