Melaksanakan hasil keputusan musyawarah secara bertanggung jawab sila ke

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Melaksanakan hasil keputusan musyawarah secara bertanggung jawab sila ke

Dalam Pancasila, terdapat sila yang menjunjung tinggi musyawarah dalam memutuskan suatu hal, yakni sila ke empat. Sila keempat dalam Pancasila berbunyi “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”.

Pembahasan

Dalam Pancasila, terdapat sila yang menjunjung tinggi musyawarah dalam memutuskan suatu hal, yakni sila ke empat. Sila keempat dalam Pancasila berbunyi “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Sila keempat Pancasila memiliki makna bahwa negara Indonesia yang berbentuk kedaulatan rakyat harus menjadi landasan mutlak bagi demokrasi Indonesia. Selain itu, sila keempat Pancasila juga memiliki makna bahwa keputusan Bersama harus dicapai dalam mengambil keputusan dan mengesampingkan kepentingan pribadi.

Nilai-nilai sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah

  • Pemimpin bangsa harus bijaksana
  • Kekeluargaan harus diutamakan
  • Musyawarah harus dilakukan untuk mengambil keputusan hingga mencapai kesepakatan Bersama
  • Tidak memaksakan kehendak orang lain

 

Pelajari lebih lanjut

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas: 8 SMP

Mapel: PPKn

Bab: Bab 4 – Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Kode: 8.9.4

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Melaksanakan hasil keputusan musyawarah secara bertanggung jawab sila ke Semoga Membantu.

Baca Juga  Mengapa volume termasuk besaran turunan