Pengadilan ham diatur dalam salah satu instrumen pancasila yaitu

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pengadilan ham diatur dalam salah satu instrumen pancasila yaitu

Pengadilan HAM yang diatur sebagai salah satu instrumen pada Pancasila adalah Sila yang ke 2.

PEMBAHASAN

Pada dasarnya, HAM adalah hukum yang memiliki anggapan bahwa manusia memiliki derajat yang sama dan sudah seharusnya setiap manusia diperlakukan secara sama dan diperlakukan secara manusiawi. HAM ini sendiri juga merupakan salah satu hukum nilai instrumental yang sudah tertulis dalam salah satu sila dalam Pancasila, yaitu sila ke 2. Sila ke 2 dalam pancasila memiliki makna dan arti yang sama dengan hukum atau nilai nilai HAM (Hak asasi manusia).

Sila ke 2 dalam Pancasila sendiri merupakan sila yang memiliki nilai “Kemanusiaan”. Sila ini merupakan Sila yang memiliki makna agar kita menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan memperlakukan manusia secara manusiawi/secara wajar. Karena, sila ke 2 dalam Pancasila merupakan sila yang menyadarkan kita untuk saling menghargai sesama manusia tanpa memandang perbedaan dalam bentuk apapun. Sehingga, segala bentuk tindakan yang bertentangan dengan nilai kemanusiaan seperti yang dikatakan pada sila ke 2, sudah termasuk ke dalam pelanggaran nilai HAM.

Pengadilan HAM, merupakan suatu proses pengadilan terhadap seseorang maupun kelompok yang telah melanggar nilai nilai kemanusiaan. Umumnya, hukuman yang dijatuhi akibat pelanggaran nilai HAM ini adalah hukuman yang berat.

Berikut adalah contoh jenis jenis pelanggarannya dalam HAM:

1. Perdagangan manusia

Ini merupakan salah satu kasus dari pelanggaran nilai HAM. Tindakan ini merupakan tindakan yang dilakukan dengan melakukan transaksi jual beli manusia yang sudah dapat disimpulkan bahwa hal tersebut adalah hal negatif.

Baca Juga  Berapa jumlah pemain dan cadangan satu tim sepak bola

2. Pembunuhan

Pembunuhan juga merupakan salah satu jenis pelanggaran HAM. Karena hal ini dianggap telah mengambil hak hidup orang lain.

3. Diskriminasi

Tindakan ini merupakan tindakan yang dilakukan dengan memberikan perlakuan yang lebih buruk kepada orang yang memiliki suatu perbedaan. Tentunya hal ini merupakan salah satu contoh pelanggaran HAM.

<><><><><><><><><><><><><>

Pelajari lebih lanjut di:

1. Manfaat HAM

2. Pembahasan HAM

3. Makna sila ke 2

Detail jawaban:

Mapel: PKN

Kelas: 10 (X) (SMA)

Kata kunci: HAM dalam Pancasila

Bab: –

Kode mapel: 9

Semoga bermanfaat 🙂

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pengadilan ham diatur dalam salah satu instrumen pancasila yaitu Semoga Membantu.