Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan pancasila disahkan

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan pancasila disahkan

Kapan rumusan pancasila disahkan

Pembahasan:

Pada sidang I BPUPKI pada tgl 29 Mei – 1 Juni 1945, ada 3 orang tokoh yang mengemukakan pendapatnya tentang dasar negara, salah satunya yaitu,Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Ada 5 asas yang dikemukakan Ir. Soekarno yaitu:

  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasionalisme
  3. Mufakat atau demokrasi
  4. Kesejahteraan sosial
  5. Ketuhanan yang Maha Esa

Dari kelima asa tersebut, Ir. Soekarno menamai dengan Pancasila, inilah awal terbentuknya pancasila dan pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari lahir pancasila.

Setelah sidang I berakhir, masuklah masa reses dengan membentuk panitia sembilan untuk menindaklanjuti hasil sidang tersebut. Panitia sembilan berhasil merumuskan naskah yang oleh Muh Yamin disebut Piagam Jakarta. Ada perbedaan sila 1 pada pancasila dalam piagam jakarta dengan pancasila yang sekarang, yaitu Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat syariat Islam bagi Pemeluknya.

Pada tanggal 7 Agustus BPUPKI dibubarkan dan digantikan oleh PPKI, yang diketuai oleh Ir.Soekarno. Pada tanggal 18 Agustus diadakan sidang 1 pertama PPKI, dalan sidang tersebut Muh. Hatta mengusulkan adanya perubahan pada sila 1 pancasila yang semula Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat syariat Islam bagi Pemeluknya menjadi Ketuhanan yang Maha Esa, jadi pancasila yaitu:

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Pemusyawaratan Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia

Pelajari lebih lanjut

Detail Jawaban

Kelas : VII

Mapel : PPKN

BAB : Bab 1 – Pembelajaran Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kode : 7.9.1

Baca Juga  Cicak cicak di dinding diciptakan oleh

#OptiTimCompetition

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan pancasila disahkan Semoga Membantu.