Voc melakukan tindakan dengan melaksanakan politik

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Voc melakukan tindakan dengan melaksanakan politik

Di berbagai daerah VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide at impera.

Pengertian politik devide at impera adalah politik memecah belah dan adu domba yang diterapkan dengan mendukung salah satu dari pihak yang bertikai diantara kerajaan di Indonesia.

VOC akan membantu pihak ini dan sebagai gantinya VOC akan mendapatkan keuntungan berupa wilayah kekuasaan dan monopoli perdagangan.  

Pembahasan:

Devide et impera terhadap bangsa Indonesia berdampak perpecahan di bangsa Indonesia, dan takluknya bangsa Indonesia di bawah penjajahan Belanda, meskipun saat itu Belanda melalui VOC hanya memiliki sedikit pasukan di Indonesia.

Ketika Belanda pertama kali datang di Indonesia, jumlah mereka sangat kecil dan hanya mampu menguasai beberapa pos dagang dan benteng di Ambon dan kemudian Batavia (Jakarta).

Namun dengan politik pecah belah, Belanda berhasil menggunakan cara membantu satu pihak bertikai untuk mengalahkan pihak lain yang menentang Belanda dan meluaskan kekuasaanya.

Dengan politik ini, Belanda mampu mengalahkan kerajaan-kerajaan besar di Nusantara dengan memanfaatkan perang saudara atau permusuhan antara kerajaan tersebut dengan saingannya.

Contoh devide et impera ini adalah pada Perang Makassar. Belanda berhasil menaklukan Kesultanan Gowa dan kota Makassar pada tahun 1669, setelah mendapat bantuan dari raja Bone, Arung Palakka, yang saat itu berseteru dengan Sultan Hasanudin.

Tentara Belanda saat itu sangat sedikit dan Makassar adalah pusat perdagangan besar yang dilindungi benteng Somba Opu yang kuat. Namun ketika Arung Palakka memihak Belanda, Makassar menghadapi kepungan serangan dua arah, dari laut oleh Belanda dan dari darat oleh Bone, dan akhirnya ditaklukkan.

Baca Juga  Cara menjaga pekarangan sekolah agar tetap bersih

————————————————————————–

Detail Jawaban:  

Kode:  9.9.1  

Kelas: IX  

Mata Pelajaran: PPKN      

Materi: Bab 1 – Pembelaan Negara

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Voc melakukan tindakan dengan melaksanakan politik Semoga Membantu.