Bandingkan kondisi bangsa indonesia pada masa penjajahan dengan masa kemerdekaan

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bandingkan kondisi bangsa indonesia pada masa penjajahan dengan masa kemerdekaan

Jawaban:

Dahulu sebelum merdeka Indonesia pernah dijajah oleh negara asing seperti Belanda selama 3,5 abad, Jepang selama 3,5 tahun.Negara lain yang pernah juga menjajah Indonesia seperti Portugis,Spanyol,Inggris.Negara-negara tersebut berlomba-lomba mengekpansi negara –negara di Asia. Apalagi Indonesia yang terkenal dengan sumber rempah-rempah.Indonesia terutama Maluku kaya akan lada,cengkeh,dan bumbu dapur lainnya yang jika di negara-negara Eropa, harganya setara dengan harga emas.

Nah, perbandingkan kondisi bangsa indonesia pada masa penjajahan dengan masa kemerdekaan :

>MASA PENJAJAHAN

1.ada kerja paksa yang diterapkan kompeni Belanda

2.ada tanam paksa yang diterapkan kompeni Belanda

3.lahan rakyat direbut oleh penjajah

4.ada campur tangan dari pihak asing (penjajah) untuk urusan dalam negeri kerajaan/urusan internal kerajaan.

5.rakyat mengalami penderitaan akibat penjajahan seperti kelaparan,busung lapar,gatal-gatal karena tidak punya pakaian ,mereka menggunakan pakaian yang terbuat dari karung goni.

<MASA KEMERDEKAAN

1.tidak ada kerja paksa

2. tidak ada campur tangan negara lain mengenai urusan pemerintahan

3.rakyat memiliki hak mengenai lahan milik mereka dengan dibuktikan oleh adanya sertifikat tanah mereka.

4.adanya jaminan hak-hak asasi manusia seperti hak untuk hidup, hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan pekerjaan, hak mengeluarkan pendapat, hak untuk mendapat perlindungan hukum.

5.adanya otonomi daerah sehingga setiap kabupaten atau kota dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh kabupaten atau kota tersebut untuk kemakmuran rakyat.

PEMBAHASAN LEBIH LANJUT:

Bangsa yang belum merdeka, nasibnya ditentukan oleh penjajah, tidak memiliki kebebasanuntuk menentukan nasibnya sendiri. Penjajah biasanya mementingkan diri sendiri, tidak memikirkan nasib dan penderitaan bangsa yang dijajah.Pada masa penjajahan, bangsa yang dijajah sangat menderita karena tidak memiliki hak untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Baca Juga  Nawaitu ghusla liraf il hadatsil akbari fardu lillahi ta ala

Dengan perjuangan segenap golongan dan pemuda Indonesia zaman dahulu maka Indonesia dapat memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Penjelasan:

maaf kalau salah

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bandingkan kondisi bangsa indonesia pada masa penjajahan dengan masa kemerdekaan Semoga Membantu.