Pada masa demokrasi terpimpin politik luar negeri indonesia condong ke

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pada masa demokrasi terpimpin politik luar negeri indonesia condong ke

Pada masa demokrasi terpimpin politik luar negeri indonesia condong ke?  D. blok komunis.

Pembahasan

Politik luar negeri pada masa  Demokrasi Terpimpin ditandai dengan usaha keras Presiden Soekarno membuat Indonesia semakin dikenal di dunia internasional melalui beragam konferensi internasional yang diadakan maupun diikuti Indonesia.

Tujuan awal dari dikenalnya Indonesia adalah mencari dukungan atas usaha dan perjuangan Indonesia merebut dan mempertahankan Irian Barat. Namun seiring berjalannya waktu, status dan prestis menjadi faktor-faktor pendorong semakin gencarnya Soekarno melaksanakan aktivitas politik luar negeri ini.

Efek samping dari kerasnya usaha ke luar Soekarno ini adalah ditinggalkannya masalah-masalah domestik seperti masalah ekonomi. Politik luar negeri Indonesia pada masa ini juga bersifat revolusioner.

Presiden Soekarno dalam era ini berusaha sekuat tenaga untuk mempromosikan Indonesia ke dunia internasional melalui slogan revolusi nasionalnya yakni Nasakom (nasionalis, agama dan komunis) dimana elemen-elemen ini diharapkan dapat beraliansi untuk mengalahkan Nekolim (Neo Kolonialisme dan Imperialisme).  Dari peristiwa ini dapat dilihat adanya pergeseran arah politik luar negeri Indonesia yakni condong ke Blok komunis, baik secara domestik maupun internasional.

Selain NASAKOM, Soekarno juga mengizinkan PKI untuk berkembang di Indonesia. Tujuanmya adalah untuk berafilasi dengan Revolusi indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Pada masa demokrasi terpimpin politik luar negeri Indonesia condong ke Blok komunis Hal ini disebabkan oleh

========================

Detil Jawaban

Kode          : 9.3.1

Kelas          : 9 SMP

Mapel         : Sejarah  IPS

Baca Juga  Zat yang terkandung dalam matriks sehingga tulang menjadi keras adalah

Bab             : Orde Lama

Kata Kunci  : pada masa demokrasi terpimpin politik luar negeri indonesia condong ke?

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Pada masa demokrasi terpimpin politik luar negeri indonesia condong ke Semoga Membantu.