Dimana bangsa barat pertama kali mendarat di indonesia

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Dimana bangsa barat pertama kali mendarat di indonesia

Bangsa eropa pertama kali tiba di Indonesia yaitu bangsa Portugis yang mendarat di Malaka pada tahun 1509 yang awalnya hanya untuk berdagang dan kedatangan bangsa Eropa di sambut baik oleh masyarakat Malaka pada saat itu.

Penjelasan:

Alur sejarah kedatangan bangsa Portugis ke wilayah Indonesia :

  1. Bangsa Portugis pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1509 di awalnya hanya melakukan perdagangan namun lama-kelamaan bangsa Portugis mulai ingin menguasai Indonesia dan memonopoli rempah-rempah Indonesia.
  2. Bangsa Portugis mendengar dari para pedangan Asia bangsa Indonesia memiliki kekayaan rempah-rempah yang sangat melimpah.
  3. Kemudian kerajaan Portugis mengutus Diogo Lopes De Sequeira untuk menjalih hubungan dengan penguasa saat itu yaitu Sultan Mahmud Syah. Namun sultan Mahmud menyadari kedatangan bangsa portugis dapat memberikan ancaman bagi bangsa Indonesia.
  4. Sultan Mahmud memerintahkan armadanya menyerang dan memerangi bangsa Portugis yang datang ke malaka pada saat itu.  
  5. Setelah kalah perang di Malaka bangsa Portugis yang dipimpin oleh Afonso De Albuquerque melakukan penyerangan kembali Malaka dengan pasukan yang lebih banyak pada tahun 1511.
  6. Setelah Malaka di taklukkan bangsa Portugis mulai mencari sumber kepulauan rempah-rempah di Indonesia.
  7. Rombongan bangsa Portugis kemudian mendarat di Maluku pada tahun 1612 yang disambut baik oleh kerajaan Ternate yang saat itu sedang bertikai dengan kerajaan Tidore.
  8. Kesempatan tersebut kemudian dimanfaatkan bangsa Portugis untuk membangun benteng Sao Paolo yang awalnya digunakan untuk membantu kerajaan Ternate memerangi kerajaan Tidore namun hal tersebut malah dimanfaatkan oleh bangsa Portugis untuk mulai menguasai dan memonopoli perdangan rempah-rempah di wilayah Indonesia saat itu.  

Pelajari lebih lanjut  

Detail Jawaban :  

Kelas : XI (11) SMA

Baca Juga  Pengertian bahan keras alam untuk kerajinan adalah bahan yang

Mapel : Sejarah

Bab : 1. Bangsa Eropa di Indonesia  

Kode: 11.3.1

#Ayobelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Dimana bangsa barat pertama kali mendarat di indonesia Semoga Membantu.