Jelaskan secara singkat peristiwa rengasdengklok

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan secara singkat peristiwa rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya ketidaksepakatan antara para pejuang kemerdekaan dari golongan tua dan golongan muda mengenai waktu proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Golongan muda ingin kemerdekaan diproklamasikan segera, setelah Jepang menyerah dan sebelum datangnya pasukan Sekutu (termasuk Belanda) ke Indonesia.

Golongan tua ingin kemerdekaan diproklamasikan melalui PPKI yang terbentuk sebelumnya, setelah seluurh persiapan kemerdekaan selesai.

Golongan muda akhirnya menculik Sukarno dan Muhammad Hatta ke Rengasdengklok untuk meminta mereka segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Setelah ada kesepakatan bahwa proklamasi  kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan secepatnya, Sukarno dan Muhammad Hatta akhirnya dikembalikan ke Jakarta.

Pembahasan:

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda antara lain Soekarni, Wikana, Aidit dan Chaerul Saleh dari perkumpulan “Menteng 31” terhadap Soekarno dan Muhammad Hatta. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00, dengan membawa kedua tokoh ini ke Rengasdengklok, sebuah kota kecil di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Peristiwa ini dilatarbelakangi perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua dalam menentukan waktu proklamasi kemerdekaan Indonesia.  

Golongan muda yang menginginkan kemerdekaan Indonesia segera diproklamasikan setelah Jepang menyerah pada 15 Agustus 1945 kepada Sekutu. Para pemuda khawatir bila menunggu terlalu lama, maka akan terjadi vacuum of power (kekosongan kekuasaan) dan Belanda akan kembali ke Indonesia dengan membonceng Sekutu yang memenangi Perang Dunia II.

Para pemuda membawa Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok, dan berharap Soekarno dan Mohammad Hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 16 Agustus 1945. Namun Sukarno dan Hatta menolak usul ini.  

Baca Juga  Teknik menangkap bola lurus disebut juga

Setelah Ahmad Subarjo datang, dia menengahi perdebatan anatar golongan tua dan golongan muda, serta memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Moh.Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta.

Ahmad Subarjo (1896 – 1978) adalah pejuang kemerdekaan yang kemudian menjadi menteri luar negeri pertama di Indonesia.

Malam harinya, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta. Keesokannya, pada tanggal 17 Agustus 1945 Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, yang saat ini dinamakan Jalan Proklamasi. Tempat ini merupakan kediaman Ir Sukarno.  

————————————————————————————-

Pelajari lebih lanjut    

1. Apa hasil kesepakatan pada peristiwa Rengasdengklok?  

2. Ketika tiba di Jakarta dari Rengasdengklok, Soekarno, dan Moh. Hatta segera menemui ….

Detail Jawaban  

Kode: 9.10.3  

Kelas: IX  

Mata pelajaran: IPS/Sejarah    

Materi: Bab 3 – Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan (1945-1949)  

Kata kunci: Peristiwa Rengasdengklok  

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan secara singkat peristiwa rengasdengklok Semoga Membantu.