Apa yang dimaksud dengan benteng stelsel bagaimana pelaksanaannya

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa yang dimaksud dengan benteng stelsel bagaimana pelaksanaannya

Benteng-stelsel adalah rangkaian benteng yang dibuat Belanda untuk membatasi gerakan pasukan Diponegoro.

Pelaksanaanya dengan membangun ratusan benteng di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. DI benteng ini ditempatkan pasukan Belanda untuk menahan serangan dari pasukan Pangeran Diponegoro.

Pembahasan:

Perang Diponegoro atau perang Jawa adalah perlawanan Pangeran Diponegoro melawan penjajah Belanda dan kesultanan Yogyakarta yang dianggap sebagai boneka Belanda.  

Perang ini dimulai tahun 1825, ketika Pangeran Diponegoro melancarkan serangan terhadap kesultanan Yogyakarta dan Belanda. Saat itu Jawa dikuasai Belanda dan ditindas oleh kebijakan Belanda yang sangat merugikan rakyat maupun para bangsawan.  

Perang berlangsung sengit karena Diponegoro didukung banyak rakyat, namun Diponegoro tidak bisa mengalahkan Belanda karena tidak bisa menaklukan kota Yogyakarta yang dikuasai Belanda.  Sementara Belanda kewalahan karena Diponegoro mendapat dukungan besar dari rakyat. Kekuatan pasukan Belanda juga terbelah karena pada saat bersamaan terjadi Perang Padri di Sumatera.

Belanda kemudian menekan pasukan Diponegoro dengan sistem benteng atau yang biasa disebut “benteng-stelsel” yang membatasi gerakan pasukan Diponegoro.    

Untuk dapat mempersempit kedudukan Pangeran Diponegoro, Belanda membanguns serangkaian benteng di Semarang, Ambarawa, Muntilan, Kulon Progo, dan Magelang. Total Belanda mendirikan sekitar 165 benteng baru yang tersebar di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Dengan benteng-stelsel, Belanda bisa menempatkan pasukannya dengan terlindung di benteng, dan kemudian pasukan ini dapat menyerang bila pasukan Diponegoro bergerak. Ini membuat perlawanan Diponegoro mengalami kekalahan.

Perang ini berakhir tahun 1830 setelah Belanda menipu Pangeran Diponegoro dengan ajakan berunding namun malah ditawan dan dibuang ke Sulawesi.    

Baca Juga  Bahan pangan yang dimakan mentah disebut juga dengan

————————————————————————————

Detail Jawaban      

Kode: 11.3.2

Kelas: XI

Mata Pelajaran: Sejarah  

Materi: Bab 2 – Perjuangan Daerah di Indonesia

Kata Kunci: Benteng Stelsel, Pangeran Diponegoro

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Apa yang dimaksud dengan benteng stelsel bagaimana pelaksanaannya Semoga Membantu.