Monosodium glutamat aspartam dan natrium benzoat secara berturut turut merupakan

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Monosodium glutamat aspartam dan natrium benzoat secara berturut turut merupakan

Monosodium glutamat, aspartam, dan natrium benzoat berturut-turut merupakan zat aditif makanan yang berguna sebagai….

D.penguat rasa, pemanis, dan pengawet

Pembahasan:  

1. MSG atau Monosodium Glutamat

MSG atau Monosodium Glutamat adalah penyedap atau penguat rasa makanan buatan membuat makanan lebih menarik dan lezat. MSG memiliki rumus senyawa C5H8NO4Na.

MSG adalah penyedap rasa yang banyak digunakan dalam makanan instant. MSG ditemukan oleh profesor kimia Universitas Tokyo yang bernama Kikunae Ikeda pada tahun 1908. MSG pertama kali didapatkan dari sari rumput laut yang banyak digunakan sebagai bahan di masakan tradisional Jepang.

MSG membuat rasa makanan lebih lezat, dan dapat menjadi pengganti garam.

2. Aspartam

Aspartame adalah salah satu pemanis buatan yang paling banyak digunakan. Aspartam sebagai pemanis buatan digunakan menggantikan gula dapur bagi penderita diabetes, karena gula dapur biasa akan menyebabkan tingginya kadar gula darah dan menyebabkan kerusakan ginjal pada penderita diabetes melitus.

Aspartam dibuat dengan penggabungan asam amino aspartat dan fenilalanin

3. Natrium Benzoat

Natrium Benzoat memiliki rumus kimia C6H5COONa adalah senyawa yang banyak digunakan sebagai pengawet makanan. Hal ini karena sifat natrium benzoat dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri.

Asam benzoat dan natrium benzoat digunakan sebagai pengawet makanan dan paling cocok untuk makanan, jus buah, dan minuman ringan yang secara alami asam, atau berada dalam kisaran pH < 7. Penggunaan asam benzoat sebagai pengawet banyak ditemukan dalam makanan, minuman, pasta gigi, obat kumur, pasta gigi, kosmetik, dan obat-obatan.

————————————————————————————-

Detail Jawaban      

Baca Juga  Jelaskan kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia

Kode:  7.7.5  

Kelas: VII

Mata Pelajaran: Kimia        

Materi: Bab 5 – Karakteristik Zat

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Monosodium glutamat aspartam dan natrium benzoat secara berturut turut merupakan Semoga Membantu.