Jelaskan kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia

kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia muncul karena adanya kebutuhan manusia yang jumlahnya tak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan itu sendiri  yang berupa barang dan jasa jumlahnya terbatas. Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas itulah yang disebut kelangkaan.  

Pembahasan

Kelangkaan merupakan suatu masalah dalam ekonomi. Kelangkaan itu timbul karena barang yang kita inginkan jumlahnya terbatas, sedangkan keinginan manusia tidak terbatas.

Sama kayak bensin yang sering langka. Itu karena produksinya yang terkendala, tapi kita yang butuh pasti banyak. Maka timbul kelangkaan dengan tandanya antrian yang panjang banget.

Adanya ilmu ekonomi itu merupakan salah satu cara untuk mengatasi kelangkaan untuk memenuhi kebutuan manusia.

Konsep kebutuhan manusia ialah keinginan dari manusia yang harus dipenuhi. Kalau kebutuhan ini nggak dipenuhi bisa mengganggu kehidupan manusia. Masalahnya, nggak semua kebutuhan manusia bisa dipenuhi.

Kelangkaan bisa disebabkan oleh:

  1. Bencana alam,   seperti tsunami, gempa dan banjir merusak sumber daya dan barang/ jasa sehingga sumber daya dan barang/ jasa tersebut tidak dapat digunakan lagi.  
  2. Perang, menimbulkan kelangkaan. Perang saudara yang terjadi di Sudan menimbulkan kelangkaan bahan makanan sehingga menyebabkan kelaparan.
  3. Keterbatasan kemampuan manusia, Kemampuan manusia yang terbatas dalam mengolah barang-barang modal y ang disediakan akan dapat yang menimbulkan kelangkaan. Karena keterbatasan ini hanya sedikit barang yang dihasilkan, sedangkan kebutuhan manusia terus meningkat.  
  4. Banyaknya sumber daya yang rusak karena ulah manusia,  Ulah manusia bisa menyebabkan kelangkaan sumber daya yang akhirnya dapat menyebabkan kelangkaan barang/ jasa. Salah satu contoh penebangan liar (illegal logging) yang mengakibatkan gundulnya hutan.
  5. Kebutuhan yang tidak terbatas,  Kenyataan menunjukkan bahwa kebutuhan manusia terus berkembang sesuai dengan kodrat manusia yang selalu merasa kurang namun penyediaan kebutuhan (barang/ jasa) dibatasi oleh kemampuan yang terbatas.  
  6. Jumlah benda pemuas kebutuhan yang disediakan alam terbatas,  Sebagian besar benda yang disediakan alam harus diolah untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia. barang yang akan dikonsumsi manusia harus melalui proses pemanfaatan ilmu dan teknologi.
Baca Juga  200 gram gula berapa sendok makan

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 4

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: 7 – Kegiatan Ekonomi berdasarkan Potensi Daerah

Kode: 4.10.7

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia Semoga Membantu.