Perbedaan waktu indonesia dan inggris

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Perbedaan waktu indonesia dan inggris

Perbedaan waktu antara Indonesia dan Inggris … adalah lebih cepat antara 7 jam ( di wilayah Indonesia barat seperti pulau Jawa) hingga 9 jam (di wilayah Indonesia timur seperti pulau Papua).

Perbedaan terjadi akibat rotasi Bumi dan letak bujur Indonesia, dan Indonesia lebih cepat dari Inggris karena berada lebih timur.

Pembahasan:  

Bumi dibagi dalam 360° dalam garis-garis imajiner (khayalan) yang membentang secara vertikal di Bumi, yang disebut garis bujur.    

Garis ini dimulai dari 0° yang berlokasi di Greenwich, London, Inggris Raya, ke arah timur sebanyak 180° Bujur Timur, dan ke arah barat sebanyak 180° Bujur Barat. Waktu di London menjadi patokan dengan nama GMT (Greenwich Mean Time).  

Pada wilayah yang terletak di timur London, akan memiliki zona waktu yang lebih maju (lebih cepat). Sebaliknya wilayah yang terletak di barat London, akan memiliki zona waktu yang lebih mundur (lebih lambat).  

Wilayah Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu yaitu:

  1. Waktu Indonesia Barat (WIB) dengan waktu GMT+7, atau lebih cepat 7 jam dari Inggris. Wilayah ini meliputi pulau Sumatera, Jawa, dan sekitarnya, serta bagian barat Kalimantan (provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah).  
  2. Waktu Indonesia Tengah (WITA) dengan waktu GMT+8, meliputi pulau Kalimantan bagian timur (provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara), pulau Sulawesi, pulau Bali dan kepulauan Nusa Tenggara.  
  3. Waktu Indonesia Timur (WIT) dengan waktu GMT+9, meliputi pulau Papua dan Kepulauan Maluku.  

Jadi dapat disimpulkan waktu di wilayah Indonesia lebih cepat antara 7 jam hingga 9 jam dari waktu di Inggris.

Baca Juga  Apa yang dimaksud dengan bintang

————————————————————————————-  

Detail Jawaban      

Kode:  6.10.3

Kelas: VI

Mata Pelajaran: Geografi

Materi: Bab 3 – Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Benua-Benua di Dunia

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Perbedaan waktu indonesia dan inggris Semoga Membantu.