Mengapa waktu di kota greenwich dijadikan acuan waktu dunia

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa waktu di kota greenwich dijadikan acuan waktu dunia

Greenwich waktu di Kota Greenwich dijadikan acuan waktu dunia karena … Greenwich merupakan lokasi Garis Meridian Utama (titik 0° BT/BB).

Lokasi ini dipilih karena adanya observatorium penting di Inggris dan kemudian diikuti sebagai acuan oleh para astronom seluruh dunia dalam Konferensi Meridian Internasional pada tahun 1884.

Pembahasan:

Bumi dibagi dalam 360° dalam garis-garis imajiner (khayalan) yang membentang secara vertikal di Bumi, yang disebut garis bujur.  

Garis ini dimulai dari 0° yang berlokasi di Greenwich, London, Inggris Raya, ke arah timur sebanyak 180° Bujur Timur, dan kearah barat sebanyak 180° Bujur Barat. Waktu di London menjadi patokan dengan nama GMT (Greenwich Mean Time).

Pada wilayah yang terletak di timur London, akan memiliki zona waktu yang lebih maju (lebih cepat). Sebaliknya wilayah yang terletak di barat London, akan memiliki zona waktu yang lebih mundur (lebih lambat).

Pada abad 19 M, negara-negara Eropa melakukan perluasan kekuasaan dan mengirim kapal ke seluruh dunia. Pelayaran ini membutuhkan peta yang akurat dalam koordinat lintang dan bujur. Koordinat lintang dapat diukur terhadap garis Ekuator (Khatulistiwa), namun pengukuran bujur perlu acuan yang ditentukan sendiri.

Greenwich digunakan oleh para pelaut dan ilmuwan Inggris sebagai acuan garis 0° bujur karena merupakan tempat observatorium Greenwich di Inggris yang dibangun pada tahun 1851.

Karena Inggris merupakan Negara dengan kekuasaan terluas di seluruh dunia, maka Greenwich sebagai acuan Inggris dipilih pada Konferensi Meridian Internasional tahun 1884, saat menentukan acuan internasional untuk garis bujur.

Baca Juga  Bhineka tunggal ika terdapat dalam kitab

—————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 9.10.8  

Kelas: IX  

Mata Pelajaran: Geografi  

Materi: Bab 8 – Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Mengapa waktu di kota greenwich dijadikan acuan waktu dunia Semoga Membantu.