Mangga berkembang biak dengan cara

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Mangga berkembang biak dengan cara

Pohon mangga berkembang biak adalah dengan cara generatif  (jawaban: C). Secara alami pohon mangga berkembang biak dengan biji yang merupakan hasil dari reproduksi secara generatif yang didahului dengan penyerbukan dan fertilisasi.

Pembahasan

Pohon mangga dapat berkembang biak secara generatif dengan biji. Biji dibentuk melalui proses penyerbukan yaitu jatuhnya serbuk sari di kepala putik. Selanjutnya terjadi  fertilisasi atau pembuahan oleh inti generatif 1 yang  akan membuahi ovum yang berada di dalam bakal biji membentuk zigot atau embrio. Selanjutnya bakal biji akan berkembang menjadi biji dan bakal buah akan berkembang menjadi buah.

Namun pohon mangga juga dapat dikembangbiakkan secara vegetative buatan yaitu dengan cara cangkok.

Kelebihan pohon mangga yang tumbuh dari biji yaitu memiliki perakaran yang kuat. Kelemahan pohon mangga yang tumbuh dari biji yaitu memiliki sifat yang belum tentu sama dengan pinduknya dan membutuhkan waktu berbuah yang sangat lama.

Kelebihan pohon mangga yang tumbuh dari hasil cangkok yaitu memiliki sifat yang sama persis dengan induknya dan lebih cepat berbuah. Kelemahan pohon mangga hasil cangkpok yaitu memiliki perakaran yang lemah.

Detil jawaban  

Kelas: IX  

Mapel: biologi  

Bab: perkembangbiakan pada makhluk hidup  

Kode: –  

#AyoSekolah

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mangga berkembang biak dengan cara Semoga Bermanfaat.

Baca Juga  Simbol arus listrik induktansi oksigen tegangan listrik elektron uranium