Bintang laut berkembang biak dengan cara

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Bintang laut berkembang biak dengan cara

Jawaban:

Bintang laut dapat berkembang biak secara kawin (seksual) maupun tak kawin (aseksual).

Perkembang biakan secara kawin dilakukan dengan pembuahan eksternal, dimana sel telur bintang laut yang dikeluarkan di air laut, dibuahi oleh sel sperma bintang laut jantan.

Perkembang biakan secara tak kawin dilakukan dengan fragmentasi (pembelahan diri).

Pembahasan:  

Bintang laut (nama ilmiah Asteroidea) adalah kelompok utama Echinodermata, salah satu jenis hewan laut tak bertulang belakang yang termasuk teripang dan landak laut. Ada sekitar 2000 spesies bintang laut yang hidup di lautan dunia dengan habitat dari terumbu karang di daerah beriklim tropis, hutan rumput laut hingga samudra dalam.

Sebagian besar bintang laut memiliki lima lengan memanjang dari tubuh pusat tetapi beberapa spesies dapat memiliki hingga 50 lengan. Mereka memiliki kerangka internal yang terdiri dari lempeng tulang kecil, terutama terbuat dari kalsium karbonat, ditutupi dengan duri dan butiran. Kerangka tertutup dengan kulit dan memiliki lubang di dalamnya untuk kaki tabung, mulut dan anus.

Bintang laut dapat bereproduksi secara seksual (secara kawin) dan aseksual (secara tak kawin). Dalam reproduksi seksual, pembuahan terjadi di air dengan bintang laut jantan melepaskan sel sperma dan bintang laut betina melepaskan sel telur ke perairan. Kemudian akan terjadi pembuahan eksternal yang menghasilkan embrio.

Embrio yang telah dibuahi, akan berenang bebas, menjadi bagian dari zooplankton di lautan. Akhirnya larva mengalami metamorfosis, bergerak ke bagian dasar laut dan tumbuh menjadi dewasa.  

Reproduksi aseksual adalah dengan fragmentasi atau membelah diri. Pada proses ini bagian dari lengan dan bagian dari cakram pusat bintang laut menjadi terlepas dari “induk” dan berkembang menjadi bintang laut yang baru.

Baca Juga  Dimana letak patung lambang kota surabaya

Kode: 6.4.2

Kelas: VI

Mata pelajaran: Biologi  

Materi: Perkembangan Makhluk Hidup

Kata kunci: Perkembangan Bintang Laut

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Bintang laut berkembang biak dengan cara Semoga Membantu.