Wortel berkembang biak dengan cara

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Wortel berkembang biak dengan cara

Kelas : VI SD
Pelajaran : IPA
Kategori : Perkembangbiakan Pada Tumbuhan
Kata kunci : berkembang biak, wortel, jahe, bawang, jamur, sulit

Penjelasan :

Cara Berkembang Biak Pada Tumbuhan :

WORTEL

Secara generatif :
Tanaman wortel akan menghasilkan bunga yang akan melakukan proses kawin (penyerbukan) dan di kenal sebagai perkembangbiakan generatif pada tumbuhan wortel. Setiap bunga dalam memiliki kapasitas untuk memproduksi dua biji. Untuk menghasilkan benih tanaman harus diserbuki. Bunga-bunga dari tanaman wortel dapat menyerbuki dirinya sendiri atau di serbuki oleh tanaman wortel lainnya. Penyerbukan silang dapat terjadi antara individu dari spesies yang sama (dari jenis wortel yang sama) atau bahkan antara spesies wortel yang berbeda. Setelah melakukan penyerbukan barulah biji dari tanaman wortel ini akan terbentuk, lalu biji inilah yang akan tumbuh menjadi tanaman wortel yang baru.

Secara vegetatif :
Pada tumbuhan wortel bisa berkembang biak melalui Umbi akar yang akarnya membesar berisi cadangan makanan. Jika umbi ini ditanam bersama dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru.

JAHE

Jahe berkembang biak secara vegetatif alami yang melalui Akar tinggal (rizoma).
Akar tinggal adalah batang yang seluruhnya berada dan tumbuh menjalar di permukaan tanah. Tunas tumbuhan baru tumbuh dari ketiak sisik setiap buku akar tinggal.

BAWANG

Bawang berkembang biak secara vegetatif alami yang melalui Umbi lapis.
Umbi lapis merupakan pelepah daun yang berlapis-lapis. Pada bagian atas umbi lapis tumbuh daun, sedangkan pada bagian bawah umbi lapis terdiri dari cakram dan akar serabut.
Perkembangbiakan umbi lapis dimulai dengan tumbuhnya siung pada tunas ketiak yang paling luar. Pada awal pertumbuhannya, siung mengambil makanan dari induknya. Jika siung itu telah berdaun dan berakar, siung itu dapat membuat makanannya sediri dengan melakukan fotosintesis.

Baca Juga  Kemasan fleksibel yang pertama adalah

JAMUR

Jamur berkembang biak dengan spora yang dihasilkan secara aseksual atau seksual.
Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut dengan hifa.
Dalam reproduksi aseksual dilakukan ketika sumber makanan melimpah dan reproduksi seksual dilakukan ketika sumber makanan sedikit atau lingkungan kurang menguntungkan.
Reproduksi aseksual yang paling sederhana ialah dengan fragmentasi talus. Fragmen-fragmen talus yang terpisah dapat tumbuh menjadi jamur yang utuh.

SUPLIR

Suplir berkembang biak dengan spora.
Spora yang dihasilkan oleh suplir akan jatuh ke tanah dan menjadi individu atau tumbuhan suplir yang baru. Meskipun demikian, tumbuhan ini juga dapat membentuk tunas baru melalui rizhoma.

Semoga membantu

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Wortel berkembang biak dengan cara Semoga Membantu.