jelaskan keadaan sosial budaya negara kamboja

Keadaan sosial budaya yang terdapat di Negara Kamboja adalah orang Khmer merupakan mayoritas penduduknya, dan negara yang bentuk pemerintahannya yakni kerjaan, serta sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di sektor pertanian.

 

Pembahasan

Kamboja merupakan negara anggota ASEAN yang memiliki luas wilayah mencapai 181.035 km². Negara Kamboja letaknya berada di Semenanjung Indocina, dan termasuk negara yang dialiri Sungai Mekong. Negara ini dulunya adalah negara bekas jajahan Perancis, dan beribu kota di Phnom Penh.

 

Penjelasan

Negara Kamboja memilki keadaan alam salah satunya berupa Pegunungan Cardamon dengan panjang 160 km, yang mana pegunungan tersebut melintasi daerah perbatasan dengan Negara Thailand. Adapun keadaan sosial budaya dari Negara Kamboja adalah sebagai berikut :

⇒ Mayoritas penduduk yang mendiami Negara Kamboja adalah orang Khmer, sehingga Bahasa Khmer merupakan bahasa resmi Kamboja.

⇒ Kamboja memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 11.168.000 jiwa. Dengan sebagian besar penduduknya merupakan penduduk beragama Buddha, sehingga budaya yang berkembang yaitu budaya Buddhisme Theravada.

⇒ Negara Kamboja adalah negara yang bentuk pemerintahannya adalah kerajaan, sehingga kepala negaranya merupakan seorang raja, dengan perdana menteri sebagai kepala pemerintahannya.

⇒ Umumnya penduduk Kamboja sumber mata pencahariannya adalah di sektor pertanian, hal ini didukung dengan daerah yang subur di sepanjang aliran Sungai Mekong.

 

Dengan demikian kondisi sosial budaya Kamboja diantaranya adalah mayoritas penduduknya orang Khmer dan sebagian besar memeluk Agama Buddha, dengan bentuk pemerintahan berupa kerajaan, serrta bidang pertanian adalah mata pencaharian penduduknya.

Baca Juga  setelah merdeka indonesia menjadi negara yang