Negara di asia tenggara yang tidak memiliki wilayah laut adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Negara di asia tenggara yang tidak memiliki wilayah laut adalah

Jawaban:

Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut adalah Laos.

Pembahasan:

Laos adalah negara yang terletak di Asia Tenggara. Laos berbatasan dengan Myanmar dan Thailand di barat, China di utara, Vietnam di timur dan Kamboja di selatan. Laos memiliki wilayah sekitar 236.000 kilometer persegi, dan memiliki populasi hanya sekitar 7 juta.

Sungai Mekong membentang di sisi barat Laos, dan memisahkan negara ini dengan Thailand. Di bagian timur Pegunungan Annam memisahkan Laos dengan Vietnam, dan di bagian selatan Pegunungan Dangrek memisahkan Laos dengan Kamboja.

Wilayah Laos sebagian besar berbukit-bukit dan bergunung-gunung, kecuali di sekitar tepian Sungai Mekong. Ibukota sekaligus kota terbesar Laos, Vientiane, terletak di bagian utara di tepi Sungai Mekong. Sebagian besar rakyat Laos hidup dari pertanian di wilayah aliran sungai Mekong.

Laos tidak memiliki garis pantai dan dikelilingi oleh negara lain. Untuk ekspor dan impor, Laos harus mengandalkan pelabuhan yang dimiliki oleh negara tetangganya.  

Kondisi ini membuat perekonomian Laos sangat terhambat, dan Laos menjadi salah satu negara termiskin di Asia Tenggara. Pendapatan perkapita di Laos adalah sekitar 2300 USD, dibawah Indoensia yang memiliki pendapatan perkapita sekitar 3500 USD.

 

Kode: 6.10.2

Kelas: VI

Mata pelajaran: IPS

Materi: Bab 2 – Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial di Indonesia Negara-Negara Tetangga  

Kata kunci: Laos

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Negara di asia tenggara yang tidak memiliki wilayah laut adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Rumus perhitungan di excel disebut juga dengan istilah