martapura merupakan daerah usaha penambangan bahan galian

Martapura merupakan daerah usaha penambangan bahan galian …

a. emas

b. intan

c. perak

d. tembaga

jawaban

Martapura merupakan daerah usaha penambangan bahan galian intan (B). Kota yang dikenal dengan sebutan “Kota Intan” ini merupakan penghasil utama intan dengan kualitas yang sangat tinggi. Selain itu, di kota inilah terdapat pusat pengolahan bahan galian intan yang selanjutnya diolah menjadi berlian untuk berbagai keperluan seperti perhiasan dan aksesoris.

 

Pembahasan

Kota Martapura berada di Provinsi Kalimantan Selatan yang dikenal dengan kualitas bahan galian intannya yang kemudian diolah menjadi berlian untuk keperluan perhiasan dan aksesoris. Hal ini mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Martapura untuk berburu banyak perhiasan dengan bahan berkualitas.

Penambangan intan sejatinya bukan hal baru di Martapura karena kegiatan ini sudah berlangsung sejak abad ke-16 pada masa Kerajaan Banjar, masa penjajahan bangsa Barat hingga masa modern saat ini. Terlebih, pasca kemerdekaan, beberapa kali masyarakat menemukan intan dalam ukuran dan berat yang besar. Hal ini semakin mendorong semangat masyarakat setempat untuk melakukan penambangan intan yang dianggap oleh sebagian besar masyarakat sebagai mata pencaharian warisan leluhur.

Baca Juga  Dalam menggunakan air, kita memiliki kewajiban untuk?