Tuliskan faktor faktor yang mempengaruhi penawaran

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tuliskan faktor faktor yang mempengaruhi penawaran

Permintaan adalah jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berbagai tingkat harga tertentu. Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu.

Pembahasan

Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan adalah

  1. Harga barang. Jika harga barang naik maka jumlah barang yang diminta berkurang dan sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang diminta bertambah banyak.
  2. Pendapatan masyarakat. Jika pendapatan rata-rata setiap orang naik maka akan memengaruhi jumlah barang yang diminta bertambah. Sebaliknya apabila pendapatan turun atau tidak memiliki pendapatan maka akan sangat memengaruhi berkurangnya jumlah barang yang diminta.
  3. Selera masyarakat. Jika seseorang sangat menyukai suatu barang, walaupun harga barang tersebut mahal maka pembeli tidak menghiraukan adanya kenaikan harga. Apabila selera masyarakat terhadap barang tersebut rendah maka permintaan barang tersebut juga rendah.
  4. Kualitas barang. Jika kualitas barang bagus dan harga barang tersebut lebih mahal sedikit dari barang lain yang sama, maka masyarakat lebih memilih membeli barang tersebut. Sebaliknya jika kualitas barang jelek maka permintaan terhadap barang akan berkurang.
  5. Harga barang lain. Contoh, permintaan gas akan tinggi kalau masyarakat menggunakan kompor gas, sebaliknya permintaan gas akan turun kalau masyarakat kembali menggunakan kompor minyak.
  6. Jumlah penduduk. Jumlah anggota keluarga memengaruhi jumlah permintaan.
  7. Ramalan masa depan. Masyarakat akan menambah permintaan terhadap barang kalau diperkirakan harga barang tersebut di masa yang akan datang akan naik. Akan tetapi apabila keadaan perekonomian negara sudah semakin membaik, maka harga cenderung turun dan masyarakat menahan diri untuk mengurangi permintaan terhadap barang.
Baca Juga  Bagaimana memilih dan menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan

Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran adalah

  1. Biaya produksi. Bila biaya produksi tinggi maka produsen akan mengurangi jumlah produksi barang dan akibatnya penawaran berkurang. Sebaliknya jika biaya produksi murah maka akan semakin banyak barang hasil produksi dan penawaran akan bertambah.
  2. Teknologi. Semakin tinggi teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang maka kualitas dan jumlah barang hasil produksi bertambah dan ini berpengaruh pada naiknya jumlah penawaran.
  3. Harapan akan mendapatkan laba atau keuntungan. Dengan harapan memperoleh keuntungan atau laba yang banyak maka produsen berlomba untuk meningkatkan produksinya, serta memperluas dan mengambangkan usahanya guna memperoleh keuntungan yang besar.
  4. Faktor- faktor nonekonomi, seperti, bencana alam, larangan impor, dan kebijakan pemerintah.

Pelajari lebih lanjut

—————————-

Detil jawaban

Kelas: VII

Mapel: IPS

Bab; Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan (bab 3)

Kode: 7.10.3

Kata kunci: faktor permintaan, faktor penawaran

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tuliskan faktor faktor yang mempengaruhi penawaran Semoga Membantu.