Masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia adalah

Pokok masalah ekonomi yang dihadapi manusia dalam memenuhi kebutuhan adalah d. kebutuhan manusia yang tak terbatas sedangkan alat pemenuhannya terbatas.

Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers…!!! Sekarang kita akan membahas kebutuhan manusia.  

Selamat belajar…!!!  

Pada dasarnya, kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas akibat alat pemuas kebutuhan yang tersedia untuk memenuhi semua kebutuhan manusia tidak akan mencukupi atau tidak sebanding dengan jumlah kebutuhan manusia.

Kurangnya alat pemuas kebutuhan akan menyebabkan terjadinya masalah ekonomi yang lebih dikenal dengan kelangkaan. Kelangkaan ini bukan berarti sumber daya manusia dan alam habis atau tidak ada sama sekali.

Melainkan sebuah kelangkaan yang menjadikan sumber dayai lebih sulit untuk diperoleh atau didapatkan dan manusia harus dapat mengeluarkan pengorbanan yang lebih besar untuk mendapatkan sumber daya yang diinginkan.

Pada umumnya, pengorbanan tersebut berupa materi atau uang. Akan tetapi, dapat dikatakan bahwa pengertian kebutuhan manusia yang tidak terbatas berdasarkan pada sifat bawaan manusia, yaitu rasa yang tidak pernah puas terhadap segala sesuatu hal yang peroleh.

Atau karena faktor dari luar diri manusia, seperti tingkat pendapatan yang semakin naik, menyesuaikan diri terhadap lingkungan alam sekitar dan lingkungan sosial, perdangangan internasional, kemajuan teknologi yang semakin pesat, kebudayaan dan agama.

Jika ditelusuri satu per satu, maka topik mengenai pengertian kebutuhan manusia yang tak terbatas ini tidak akan ada habisnya, mengingat manusia merupakan makhluk yang bebas dan bisa melakukan segala sesuatu.

Dikarenakan berbagai faktor tersebut dan berkurangnya sumber daya yang ada atau tersedia, dapat dikatakan bahwa kebutuhan manusia tidak ada batasannya. Terlepas dari hal tersebut manusia tetap membutuhkan suatu kebutuhan yang paling penting dalam kehidupan.

Baca Juga  Siapa yang dimaksud bangsa barat

Kebanyakan di antara kita menyebutnya sebagai kebutuhan pokok. Dapat dikatakan sebagai kebutuhan pokok karena tanpa tersedianya barang dan jasa  maka manusia tidak dapat melangsungkan kehidupannya dengan baik.

Pada dasarnya masalah pokok dalam ekonomi yang berkenaan dengan pemenuhan kebutuhan akan selalu dihadapi setiap masyarakat. 3 masalah pokok dalam ekonomi.  

1.Jenis Barang Apa yang Akan Diproduksi dan Berapa Jumlahnya (What)  

Setiap masyarakat pasti akan menghadapi beberapa pilihan untuk menentukan barang atau jasa yang akan diproduksi atau dihasilakan dan berapa jumlah barang atau jasa yang harus diproduksi.  

2.  Bagaimana Cara Memproduksi (How)  

Setelah ada pilihan yang pasti mengenai jenis dan jumlah barang atau jasa, selanjutnya harus dirancang mengenai cara dan langkah memproduksinya.  

3.Untuk Siapa Barang Tersebut Diproduksi (For Whom)  

Dalam lingkup ini diperlukan langkah-langkah agar hasil produksi dapat tersalur ke tangan masyarakat dan dapat digunakan, sehingga tidak terpendam di pihak produsen.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Bab 1 : Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode : 10.12.2001  

Kata Kunci : Kebutuhan Manusia, Kebutuhan Pokok, Kebutuhan Tak Terbatas.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia adalah Semoga Membantu.