Peranan pelaku ekonomi perusahaan dalam meningkatkan kemakmuran rakyat adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Peranan pelaku ekonomi perusahaan dalam meningkatkan kemakmuran rakyat adalah

Jawaban:

Peranan pelaku ekonomi perusahaan dalam meningkatkan kemakmuran rakyat adalah A. mengelola dan mengkombinasikan faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang dan jasa.

Penjelasan:

Rumah tangga produsen atau perusahaan merupakan badan usaha yang menjalankan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Rumah tangga produsen umumnya memilki kegiatan ekonomi utama atau berperan sebagai produsen, namun rumah tangga produsen dapat pula berperan sebagai konsumen dan distributor. Perusahaan-perusahaan itu sebagai salah satu pelaku ekonomi memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi. Peran perusahaan tersebut meliputi hal-hal berikut:

a. Membeli faktor-faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, modal, dan pengusaha (kewirausahaan).

b. Mengelola atau mengombinasikan faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang dan jasa. Di sini perusahaan berperan sebagai produsen.

c. Menjual barang dan jasa yang sudah dihasilkan kepada rumah tangga, pemerintah, masyarakat luar negeri atau kepada ketiga-tiganya.

d. Bertanggung jawab terhadap kesejahteraan karyawan dan masyarakat sekitar.

Kesejahteraan dapat ditingkatkan dengan memberikan upah di atas UMR (upah minimum regional), menjamin keselamatan tenaga kerja, dan menjamin hari tua karyawan. Kesejahteraan masyarakat sekitar dapat ditingkatkan dengan cara aktif menyumbang pembangunan sarana-sarana umum, mengurangi atau menghilangkan dampak negatif limbah, membina perusahaan-perusahaan kecil sebagai bapak angkat, memberikan bea siswa, dan lain-lain.

Selain itu, perusahaan juga berperan sebagai berikut:

1. Sebagai pihak yang dapat meningkatkan produk domestik bruto. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan kemakmuran Negara. Dalam teori ekonomi disebut bahwa kemakmuran suatu bangsa ditentukan oleh kemampuannya untuk menghasilkan barang dan jasa. Bangsa yang tidak dapat menghasilkan barang dan jasa tentu tidak akan makmur.

Baca Juga  Sebutkan hasil dari perekonomian di indonesia yang diekspor

2. Memengaruhi kebijakan pemerintah dalam rangka menghasilkan produksi. Produsen sebagai penghasil barang mempunyai kekuatan untuk memengaruhi kebijakn pemerintah. Bahkan pada negara tertentu, pembuatan peraturan pun harus mempertimbangkan usul perusahaan (produsen), karena jika usul dari produsen tidak dipertimbangkan bias saja ini alas an mereka pindah ke Negara lain.

3. Membayar harga barang faktor-faktor produksi. Pembayaran harga barang-barang faktor produksi yang diterima konsumen menambah pendapatan masyarakat. Pembayaran ini juga dapat meningkatkan pendapatan nasional.

4. Melakukan kegiatan inovasi pada produksi barang. Produsen sebagai wirausahawan berusaha untuk mencari atau menemukan cara-cara kerja baru agar harga pokok barang menjadi murah dan waktu melakukan produksi menjadi cepat.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: X SMA

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 2 – Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Kode: 10.12.2

Kata kunci: pelaku, ekonomi, produsen, perusahaan

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Peranan pelaku ekonomi perusahaan dalam meningkatkan kemakmuran rakyat adalah Semoga Membantu.