Tabel 6.1 perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsa indonesia

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tabel 6.1 perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsa indonesia

Salam sejahtera bagi kita semua semoga berada dalam lindungan Allah.

Tabel 6.1 perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia

Perjuangan rakyat Maluku

a. Masa perjuangan : 1635 – 1797

b. Perjuangan melawan : VOC

c. Ringkasan perjuangan :

  perjuangan kedua dari rakyat Maluku melawan VOC yang sudah beberapa tahun datang ke wilayah Nusantara. VOC berusaha memonopoli perdagangan rakyat Maluku khususnya rempah rempah khas Maluku. VOC berhasil memukul mundur Portugis dari Maluku lalu mencuri semua bekas jajahan Portugis seperti barang dan benteng Victoria, akhirnya Maluku mendapat kekalahan dan korban, Maluku kembali dijajah dan jatuh ketangan Belanda 1797

Perlawanan kaum Padri

a. Masa perjuangan : 1803 – 1838

b. perjuangan melawan : Belanda

c. Ringkasan perjuangan :

  Perang bermula dari retaknya persatuan dari kaum Padri dan kaum Adat, hal ini kesempatan emas Belanda untuk mengadu domba kedua pihak kaum Padri dan kaum Adat, setelah kedua pihak, kaum Padri dan kaum adat sadar bahwa mereka diadu domba, mereka bersatu dan bertekad melawan Belanda, kedua kaum dipimpin oleh Imam Bonjol, naas kekalahan adalah hasilnya dan kemenangan diraih Belanda, sehingga daerah tersebut dikuasai Belanda

Perlawanan pangeran Diponegoro

a. Masa perjuangan : 1825 – 1830

b. perjuangan melawan : Diponegoro

c. Ringkasan perjuangan :

   Perang disebabkan kegeraman pangeran Diponegoro dan rakyat akibat makam leluhur akan dibuat pembangunan oleh Belanda, apalagi Belanda sangat ikut campur urusan keraton Yogyakarta saat itu. Pangeran bersama kepercayaannya menyatakan perang melawan Belanda, selama 5 tahun. Pangeran menggunakan taktik gerilya, dan Belanda menggunakan taktik benteng, hal ini membuat pangeran Diponegoro dan pasukannya terjepit, namun mereka tidak menyerah hingga satu persatu pasukan hancur dan pangeran menyerahkan diri.

Perlawanan rakyat Sulawesi

Baca Juga  Lemari akan bergeser bila didorong hal ini menunjukkan gaya mempengaruhi

a. Masa perjuangan : 1824 – 1825

b. perjuangan melawan : Belanda

c. Ringkasan perjuangan :

  perang rakyat sulawesi khususnya kerajaan Bone melawan pemerintah Belanda akibat rakyat tidak setuju akan perjanjian Bongaya, akhirnya terjadilah perang besar dan berakhir kekalahan rakyat Sulawesi

Perlawanan rakyat kalimantan

a. Masa perjuangan : 1859 – 1905

b. perjuangan melawan : Belanda

c. Ringkasan perjuangan :

  Perjuangan rakyat Kalimantan disebut juga perang Banjar. Bermula dari Belanda yang ikut campur urusan kerajaan kalimantan, ini membuat para pangeran, rakyat, dan sultan merasa risih. Hingga Belanda berhasil membuat marah kerajaan kalimantan karena sikap Belanda yang ikut campur pengangkatan raja baru, maka Pangeran Antasari bergerak dan menentang Belanda, Pangeran Antasari dan pasukannya melawan Belanda selama 5 tahun, namun Kalimantan berhasil ditaklukan.

Perlawanan rakyat Aceh

a. Masa perjuangan : 1873 – 1904

b. Perjuangan melawan : Belanda

c. Ringkasan perjuangan :

   Perjuangan rakyat Aceh terus berhasil untuk 3 fase, 1873 – 1896, Aceh terus bersatu dan bertekad dalam Islam keyakinan untuk bersatu tidak akan terpecah belah, apalagi para pemimpin yang hebat dan luar biasa, hingga mengakibatkan Belanda kalah dan ditertawakan seluruh dunia karena tidak bisa mengalahkan Aceh yang kecil. Namun pada fase keempat, Belanda memasukan seorang penyusup berdalih Islam dan ahli berbahasa Arab, dia menghasut dan membukakan semua rahasia Aceh kepada Belanda, dan hancurlah Aceh ditangan Belanda.

Perlawanan rakyat Bali

a. Masa perjuangan : 1846 – 1849

b. Perjuangan melawan : Belanda

c. ringkasan perjuangan :

   Perjuangan rakyat Bali dikenal puputan, artinya peperangan titik darah penghabisan. Belanda menginginkan Bali menghapus tradisi hak tawan karang yaitu raja Bali berhak mengambil kapal yang terdampar di wilayahnya. Perlawanan dimulai tiba tiba Belanda melemparkan meriam kepada kerajaan Bali, ini memulai peperangan besar Bali dan Belanda, dan Belanda menang.

Pembahasan :

    Perang pahlawan Indonesia sebelum masa kemerdekaan terlihat jelas sangat sangat bersifat kedaerahan, tidak ada persatuan dan kesatuan bangsa, semuanya mengandalkan kekuatan daerahnya sendiri, tidak mau saling percaya sesama lain dan sangat sangat rasis kepada golongan diluar kehendak hatinya. Ini dimanfaatkan Belanda untuk menjatuhkan Nusantara dibawah naunganya dan menjadi kedaulatan Hindia Belanda, ini membuat pemberontakan daerah semuanya gagal.

Baca Juga  Ada berapa huruf idgham bighunnah

Pelajari lebih lanjut :

Apa yang dimaksud dengan mufakat

Sebutkan 3 contoh penerapan nilai sumpah pemuda dalam lingkungan sekolah !

Sebutkan sikap yang harus dihindari dalam mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa!

Detail jawaban :

Mapel : PPKN

Kelas : 7

Bab : 6 – daerah dalam kerangka NKRI

Materi : Perjuangan menuju NKRI

kata kunci : Nama pahlawan/ perjuangan hal yang diketahui, perlawanan rakyat Maluku, perlawanan kaum padri

Kode soal : 9

Kode kategorisasi : 7.9.6

#AyoBelajar

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tabel 6.1 perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsa indonesia Semoga Membantu.