Bentuk perjuangan bangsa indonesia sesudah tahun 1908 adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bentuk perjuangan bangsa indonesia sesudah tahun 1908 adalah

  1. Dilakukan secara politik dalam perjuangan non-fisik.  
  2. Dilakukan melalui organisasi modern.
  3. Bersifat nasional.
  4. Memiliki tujuan memerdekakan Indonesia.
  5. Perjuangan dipimpin oleh kalangan cerdik pandai yang mendapatkan pendidikan modern.
  6. Dilakukan dengan bersatu antara berbagai suku bangsa dan kelompok agama.

Pembahasan:  

Pada masa sebelum kebangkitan nasional pada tahun 1908, perjuangan bangsa Indonesia masih bersifat terpecah belah, menonjolkan sifat kedaerahan, dan tanpa adanya semangat persatuan.

Namun, seiring dengan masa kebangkitan nasional, maka perjuangan berubah menjadi melalui cara politis, dengan adanya semangat persatuan dan kesatuan, yang didorong oleh berkembangnya nasionalisme Indonesia.

Perubahan ini ditandai dengan munculnya organisasi kebangsaan, seperti Budi Utomo, yang didirikan pada tahun 1908. Seiring dengan perkembangan, muncul berbagai organisasi kebangsaan, seperti Perhimpunan Indonesia, Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Sarekat Islam dan sebagainya.

Perjuangan setelah tahun 1908 dipelopori oleh kalangan cerdik pandai, yang mendapatkan pendidikan modern dari Politik Etis yang diterakan Belanda. Misalnya, Soekarno adalah lulusan dari Technische Hogereschool te Bandung (sekarang ITB) sementara HOS Cokroaminoto merupakan lulusan Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren (OSVIA), sekolah pegawai negeri).  

Dengan pendidikan ini, mereka melihat kondisi bangsa yang terjajah, dan menyadari bahwa kemerdekaan hanya dapat dicapai melalui pergerakan nasional yang didorong rasa persatuan.

Persatuan dan semangat nasionalisme antara organisasi kebangsaan ini semakin meningkat seiring dengan diadakannya Kongres Pemuda yang menghasilkan deklarasi Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah sebuah deklarasi yang dibuat pada tanggal 28 Oktober 1928 oleh pemuda Indonesia di Kongres Pemuda Kedua pada masa kebangkitan nasional. Para pemuda ini memproklamasikan tiga cita-cita, satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Baca Juga  Ciri khas minuman segar di daerah jawa tengah yaitu

Sumpah Pemuda berhasil memperkokoh persatuan, semangat kebangsaan dan memperkuat upaya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yang berhasil ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pelajari Lebih Lanjut

Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928?

Detail Jawaban:    

Kode: 11.3.3  

Kelas: XI  

Mata pelajaran: Sejarah  

Materi: Bab 3 – Perjuangan Nasional di Indonesia  

Kata kunci: Perjuangan sebelum dan sesudah tahun 1908  

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Bentuk perjuangan bangsa indonesia sesudah tahun 1908 adalah Semoga Membantu.