Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar

Adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar

Manfaat perkembang biakkan hewan secara vivipar dan ovipar yaitu bila hewan beranak (vivipar) si embrio akan mendapatkan asupan makanan langsung dari induk  betina dan mengurangi resiko terganggu dari luar tubuh embrio. Sedangkan secara bertelur (ovipar) si embrio yang dilahirkan seringkali jumlahnya lebih dari satu, sehingga dapat mempercepat jumlah individu yang terdapat di alam.  

Pembahasan

Hewan vivipar, merupakan kelompok hewan yang proses kelahiran secara beranak, artinya segala proses perkembang di embrio terjadi di dalam tubuh induk betina dibagian uterus. Selama proses perkembangan tersebut si embrio mendapatkan asupan nutrisi dan segala proses metabolisme terjadi di dalam tubuh induk betina. Dengan demikian si embrio sangat terjaga kesehatan dan pertumbuhannya.  

  • Contoh hewan berkembang biak secara vivipar yaitu kelompok hewan mamalia seperti Sapi, kucing, an jing dan seterusnya.

Hewan ovipar merupakan kelompok hewan yang proses kelahirannya secara berteur artinya perkembangan embrio terjadi di dalam telur. Hewan akan mengeluarkan telur dan telur tersebut dilindungi oleh cangkang. Di dalam sebuah telur terdapat nutrisi yang digunakan oleh embrio untuk melakukan metabolisme, pertumbuhan serta perkembangan. Biasanya hewan yang berkembang biak secara ovipar mengerami telur sampai dengan menetas seperti ayam dan merpati. Ada juga hewan yang menaruh telurnya di dalam pasir atau tanah seperti penyu dan buaya.  

Proses pengeraman dan menaruh di dalam tanah bertujuan agar telur mendapatkan suhu yang hangat sehingga nantinya telur dapat menetas.  

Hewan ovovivipar merupakan kelompok hewan yang melakukan proses reproduksi secara bertelur dan beranak artinya embrionya berkembang di dalam telur tetapi telurnya tetap berada di dalam tubuh si induk betina. Kemudian setelah cukup umur telur akan pecah di dalam tubuh induk kemudia anaknya keluar. Contoh hewan yang melakukan perkembangan ovovivipar yaitu ikan hiu.  

Baca Juga  Tulislah petunjuk berisi cara menghemat listrik dalam kehidupan sehari hari

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: XI SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Reproduksi  

Kode: 11.4.9

#AyoBelajar  

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar Semoga Membantu.