Awal kehamilan pada wanita ditandai dengan

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Awal kehamilan pada wanita ditandai dengan

Pada wanita awal kehamilan ditandai dengan terjadinya fertilisasi sperma dengan ovum. Fertilisasi atau pembuahan adalah masuknya sperma ke dalam ovum.

Pembahasan

Periode prenatal atau proses kehamilan adalah fase yang dianggap penting dalam proses perkembangan seseorang.  

Proses kehamilan terjadi dalam tiga tahap utama. Dua minggu pertama setelah pembuahan disebut sebagai tahap germinal, kemudian minggu ketiga sampai minggu kedelapan disebut sebagai tahap embrio, dan dari minggu kesembilan sampai kelahiran disebut sebagai tahap janin.

1. Tahap Germinal

Tahap germinal dimulai saat pembuahan sperma dan sel telur bersatu di saluran tuba falopi. Telur yang dibuahi kemudian membentuk zigot, kemudian bergerak menuju rahim.

Melalui pembelahan mitosis, zigot membelah menjadi dua sel, kemudian menjadi empat, delapan, enam belas, dan seterusnya. Proses setelah zigot adalah morula, blastula dan gastrula. Pada fase blastula inilah terjadi penempelan/implantasi di endometrium. Selanjutnya membentuk gastrula yang membentuk tiga lapisan kulit yaitu:

a. Ektoderm (lapisan kulit bagian atas), yang akan menjadi kulit, indera dan sistem saraf.

b. Endoderm (lapisan kulit bagian dalam), yang akan menjadi sistem pencernaan dan pernapasan.

c. Mesoderm (lapisan kulit bagian tengah), yang akan menjadi otot dan sistem skeletal, sistem reproduksi, sistem ekskresi.

2. Tahap Embrio

Pada fase embrio, massa sel dikenal dengan embrio. Awal minggu ketiga setelah konsepsi menandai dimulainya periode embrionik, yaitu ketika massa sel menjadi manusia. Tahap embrionik memainkan peran penting dalam perkembangan otak.

Embrio mulai membelah menjadi tiga lapisan yang akan menjadi sistem tubuh yang penting. Kurang lebih 22 hari setelah pembuahan, terbentuk tabung saraf. Tabung saraf nantinya akan berkembang menjadi sistem saraf pusat termasuk sumsum tulang belakang dan otak.

Baca Juga  Tuliskan letak indonesia secara geografis

Kurang lebih minggu keempat, kepala mulai terbentuk dan diikuti dengan perkembangan mata, hidung, telinga, dan mulut. Adapun sistem kardiovaskular diawali dengan perkembangan  pembuluh darah yang akan menjadi jantung dan mulai berdenyut.

3. Tahap Janin

Setelah diferensiasi sel sebagian besar selesai, embrio memasuki tahap berikutnya yang dikenal sebagai janin. Perkembangan pada periode tahap janin tersebut menandai perubahan pada otak. Periode perkembangan tersebut dimulai selama minggu kesembilan dan berlangsung hingga akhir kehamilan.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Reproduksi Pada Manusia  

Kode: 9.4.3

Kata kunci: reproduksi manusia, siklus menstruasi, hormon reproduksi, tahap menstruasi

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Awal kehamilan pada wanita ditandai dengan Semoga Membantu.