Fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme

Fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme protein, lemak dan hidrat arang (D). Hidrat arang adalah karbohidrat. Vitamin merupakan zat makanan yang diperlukan dalam jumlah sedikit. Vitamin berfungsi mengatur metabolisme zat makanan seperti karbohidrat, protein dan lemak.

Pembahasan

Nutrisi atau zat makanan merupakan zat yang dibutuhkan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, mempertahankan kesehatan tubuh, pertumbuhan, dan juga untuk keberlangsungan fungsi normal pada jaringan dan organ tubuh.

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung enam jenis nutrisi penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.  Makanan makronutrien meliputi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Adapun makanan mikronutrien, meliputi makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat, protein, dan lemak dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak, sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit.

Vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit pada tubuh, akan tetapi vitamin diperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah dari beberapa penyakit.

Vitamin dikelompokkan menjadi dua macam yaitu:

1. Vitamin yang larut dalam air. Contohnya vitamin B dan C.

2. Vitamin yang larut dalam lemak. Contohnya vitamin A, D, E, dan K.

Sumber vitamin banyak terdapat pada sayur dan buah.

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan  

Kode: 11.4.6

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme Semoga Membantu.

Baca Juga  Pengisahan suatu cerita atau kejadian tts