gambar alat komunikasi zaman prasejarah dan sejarah

gambar alat komunikasi zaman prasejarah dan sejarah

jawaban

Alat komunikasi yang digunakan pada zaman prasejarah dan sejarah cukup berbeda. Hal ini dikarenakan alat komunikasi ikut berkembang seiring dengan perkembangan otak manusia. Berikut penjelasannya.

 

Penjelasan:

Komunikasi merupakan hal yang penting bagi hidup manusia mengingat manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian. Mereka membutuhkan bantuan orang lain untuk bertahan hidup dikarenakan keterbatasan yang dimiliki tiap manusia. Dalam berkomunikasi pun manusia masih memiliki keterbatasan, maka dari itu mereka membutuhkan alat komunikasi untuk membantu mereka menyampaikan informasi satu sama lain.

Pada zaman prasejarah komunikasi cenderung terbatas karena manusia belum mengenal tulisan. Maka dari itu komunikasi dilakukan dengan bantuan alat-alat yang menghasilkan gambar/bentuk dan suara.

Pada zaman sejarah, otak manusia telah lebih berkembang, mereka mulai mengenal tulisan dan dapat membedakan sinyal suara. Maka dari itu alat-alat komunikasi yang digunakan pun juga ikut berkembang.

 

Alat komunikasi zaman prasejarah:

1. Ukiran Dinding

Pada zaman prasejarah manusia mengabadikan informasi dalam bentuk ukiran berupa gambar di dinding gua.

2. Terompet dari tanduk binatang

Terompet dari tanduk binatang seringkali dibunyikan untuk menandakan dimulainya atau berakhirnya suatu kegiatan. Bunyi terompet dari tanduk binatang juga kerap digunakan dalam perang untuk memberikan sinyal perintah pada prajurit.

3. Asap

Asap merupakan alat komunikasi visual yang digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi sesuai dengan model asap yang dikeluarkan. Informasi tersebut dapat berupa tanda bahaya ataupun panggilan untuk berkumpul.

4. Lonceng

Mirip seperti terompet dari tanduk binatang, lonceng digunakan untuk menyampaikan infomasi melalui bunyi. Lonceng dibunyikan untuk menandakan waktu untuk melakukan suatu kegiatan.

Baca Juga  Tragedi Bandung Lautan Api tanggal 23 Maret Tahun 1946 yang membumi hanguskan wilayah Bandung Utara dan Bandung Selatan merupakan salah satu perjuangan mempertahankan wilayah NKRI dari?

 

Alat komunikasi zaman sejarah:

1. Surat

Pada zaman sejarah, manusia telah mengenal tulisan. Mereka memanfaatkan tulisan tersebut untuk berkomunikasi. Tulisan tersebut ditulis diatas kertas lalu di sampaikan kepada orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui merpati pos).

2. Merpati pos

Merpati pos digunakan di zaman sejarah untuk mengirimkan surat jarak jauh. Selain itu, merpati juga digunakan pada zaman perang untuk menyampaikan kode rahasia militer karena keterbatasan media komunikasi.

3. Kentongan

Selain tulisan, manusia pada zaman sejarah juga telah mengenal rangkaian bunyi yang dapat dikombinasikan untuk menyampaikan informasi yang berbeda. Salah satu alat komunikasi yang memanfaatkan perbedaan bunyi untuk menyampaikan informasi adalah kentongan.

4. Bendera

Bendera dapat digunakan sebagai alat komunikasi jarak menengah. Penggunaan bendera sebagai alat komunikasi dikombinasikan dengan sandi morse.

Berikut beberapa gambar alat komunikasi zaman prasejarah dan zaman sejarah. Karena maksimal pengunggahan 5 saja jadi saya memberikan 3 gambar alat komunikasi zaman prasejarah dan 2 gambar alat komunikasi zaman sejarah.

Semoga membantu.