Dampak positif negatif iptek dibidang pertanian

Dampak positif negatif iptek dibidang pertanian

jawaban

Dampak keberadaan IPTEK di bidang pertanian:

Dampak positif:

  • Dengan kemajuan teknologi dalam peralatan-peralatan pertanian akan mempermudah pekerjaan seperti mesin yang dapat membantu petani dalam membajak sawah, Traktor, sistem irigasi dan sebagainya.
  • Melalui adanya IPTEK, lahir aplikasi-aplikasi yang dapat membantu para petani dalam memasarkan produk hasil tani dan mempromosikannya
  • Dengan adanya IPTEK, produk dan proses dalam pertanian akan semakin mengalami peningkatan kualitas karena adanya riset-riset hingga pendidikan dalam teknologi pertanian. yang menghasilkan seperti pupuk, pestisida hingga benih berkualitas.

Dampak negatif:

  • Berkurangnya jumlah tenaga manusia yang berdampak pada penurunan jumlah petani karena tergeser oleh mesin-mesin.
  • Hasil dari riset seperti pestisida dan pupuk kimia  yang memang meningkatkan kualitas dapat menurunkan kualitas makhluk hidup dalam ekosistem tersebut/
  • Petani menjadi dianggap sebelah mata karena mulai tertutup dengan kemudahan teknologi yang lebih produktif.

Pembahasan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memang sudah merambah hampir seluruh bidang kehidupan tak terkecuali sektor pertanian. Kemajuan IPTEK ini memang akan memberikan dampak positif bagi petani dan juga negatif yang juga akan terasa dimasa mendatang. Maka tak heran, banyak orang mengharapkan adanya kemajuan IPTEK disektor pertanian tidak hanya berfokus pada kualitas dan diversifikasi tapi juga memperhatikan ekosistem yang ada dan peningkatan kualitas hidup para petani.

Baca Juga  Transportasi semakin dipermudah dengan ditemukannya? roda. telepon. televisi. radio. Kunci jawabannya adalah: A. roda. Dilansir dari ensiklopedia pendidikan, transportasi semakin dipermudah dengan ditemukannya roda.