Jelaskan hubungan antara perkembangan iptek dan globalisasi

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan hubungan antara perkembangan iptek dan globalisasi

Hubungan antara perkembangan iptek dan globalisasi adalah perkembangan teknologi merupakan faktor pendorong terjadinya globalisasi

Misalnya teknologi telekomunikasi seperti televisi yang memudahkan persebaran faham, pemikiran dan budaya di dunia.

Pembahasan:

Globalisasi adalah proses dimana orang-orang dan negara-negara di dunia semakin saling terkait satu sama lain, sehingga saling memerlukan dan saling mempengaruhi, dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial dan budaya.

Globalisasi dimungkinkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menghasilkan perangkat penunjang globalisasi. Perangkat ini dimulai dari penemuan telegraf pada abad ke 19, hingga kemudian telefon, radio, televisi, hingga internet. Semua teknologi ini sangat tergantung pada perangkat elektronik yang memerlukan listrik untuk beroperasi.  

Contoh teknologi yang mendukung globalisasi ini adalah Internet. Internet dianggap sebagai jalan utama globalisasi karena merupakan metode utama pertukaran informasi di era global.

Internet digunakan untuk bertukar informasi misalnya dengan media sosial, situs video online, situs berita dan sebagainya. Pertukaran informasi dengan internet juga memungkinkan transaksi ekonomi seperti jual beli dan internet banking.

Globalisasi juga didorong oleh perdagangan internasional. Dengan kegiatan ekspor dan impor, produk, budaya dan pemikiran dibawa dari suatu negara ke negara lain. Pertukaran ini menyebabkan terjadinya globalisasi di dunia.  

Pelajari lebih lanjut:

Pengertian globalisasi menurut Anthony Giddens adalah…

Detail Jawaban      

Kode: 9.10.15

Kelas: IX    

Mata pelajaran: IPS/Sejarah  

Materi: Bab 15 – Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

Kata kunci: Globalisasi

 

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan hubungan antara perkembangan iptek dan globalisasi Semoga Membantu.