Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek

Jawaban:

Perwujudan Sikap Tanggung Jawab dalam Pengembangan IPTEK :

1. Memperhatikan Etika Pengembangan IPTEK

IPTEK itu penting, tetapi pengembangannya harus memperhatikan etika. Sikap ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK. Tujuannya adalah agar IPTEK tidak menabrak nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat. Pengembangan dan pemanfaatan IPTEK harus memperhatikan etika sosial kemanusiaan atau etika moral.

2. Memperhatikan Aspek Pelestarian Lingkungan

Salah satu bentuk sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK adalah memperhatikan segala aspek yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dalam proses pengembangan IPTEK. IPTEK yang sedang dikembangkan jangan sampai menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan hidup, pencemaran yang berakibat kerusakan ekosistem.

3. Memperhatikan Nilai Guna IPTEK

Sikap bertanggung jawab dalam pengembangan IPTEK bisa ditunjukkan dengan memperhatikan kegunaan IPTEK terhadap kemaslahatan masyarakat untuk kepentingan bersama. Dengan kata lain, pengembangan IPTEK harus terarah pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Secara umum, ciri-ciri IPTEK yang memiliki nilai guna antara lain:

• Bisa meringankan masalah manusia

• Bisa menjadikan sesuatu lebih efektif dan efisien

• Dapat meningkatkan kesejahteraan manusia

• Dapat membantu manusia mencapai kemakmuran

• Dapat menciptakan rasa aman bagi manusia

4. Meminimalisir Dampak Negatif IPTEK

Sikap penting lainnya yang harus diperhatikan dalam proses pengembangan IPTEK adalah dampak negatif dari IPTEK itu sendiri. Para pengembang sebisa mungkin harus meminimalisir, bahkan kalau bisa menghilangkan segala dampak negatif yang mengiringi pengembangan IPTEK. Sikap ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dalam proses pengembangan IPTEK.

5. Memperhatikan Nilai-Nilai Budaya

IPTEK adalah produk budaya manusia, maka sudah seharusnya pengembangan IPTEK juga harus memperhatikan nilai-nilai budaya. Dengan kata lain, terjadi hubungan timbal balik, nilai-nilai budaya mempengaruhi IPTEK dan IPTEK mempengaruhi nilai-nilai budaya. Maka, sudah seharusnya proses pengembangan IPTEK jangan sampai melanggar nilai-nilai budaya.

Baca Juga  Abu thalib wafat pada usia

6. Memperhatikan Nilai-Nilai Agama

Salah satu sikap yang juga harus diperhatikan dalam proses pengembangan IPTEK adalah memperhatikan nilai-nilai agama. IPTEK memang penting bagi pembangunan untuk menuju pada tingkat kesejahteraan umat manusia, tetapi tanpa memperhatikan nilai-nilai agama, akan muncul suatu pemujaan terhadap IPTEK. Selain itu, pengembangan IPTEK yang tidak memperhatikan agama ditakutkan akan menabrak nilai-nilai suci yang diajarkan oleh agama.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek Semoga Membantu.