berdasarkan tabel di atas komponen yang tercampur dengan sempurna adalah

berdasarkan tabel di atas komponen yang tercampur dengan sempurna adalah

a. Air+ gula dan air + pewarna

makanan

c. Air + gula dan air + minyak

b. air + minyak dan air + pasir d. Air + pewarna makanan dan

minyak + gula

jawaban

Berdasarkan tabel di atas komponen yang tercampur dengan sempurna (Homogen) adalah Air + Gula dan Air + Pewarna Makanan (A)

 

Penjelasan:

Sistem Dispersi yaitu merupakan suatu Campuran yang terdiri dari 2 jenis fase yaitu Fase Terdispersi yang umumnya disebut sebagai zat terlarut dan Fase Pendispersi yang disebut dengan Medium atau Pelarut dari zat terlarut tersebut.

Sistem Dispersi ini digolongkan menjadi 3 macam yaitu Dispersi Kasar atau disebut pula Suspensi, Dispersi Halus atau disebut pula Larutan, dan Dispersi Koloid atau disebut pula Sistem Koloid.

Campuran adalah suatu kondisi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih dan masih memiliki sifat-sifat zat asalnya. Campuran dapat tersusun atas beberapa zat baik itu unsur ataupun senyawa. Adapun Komponen-komponen penyusun suatu campuran tersebut dapat dipisahkan berdasarkan sifat fisika zat penyusunnya.

Campuran adalah merupakan salah satu golongan dari sistem Dispersi yang memiliki ukuran partikel lebih besar dari 10⁻⁵ cm.

Secara umum campuran terdiri dari 2 jenis, yaitu:

Campuran Homogen

merupakan suatu materi/zat yang terjadi atas dua zat atau lebih dengan partikel-partikel penyusun yang sulit atau tidak bisa dibedakan lagi. Pada campuran homogen ini juga biasa disebut sebagai larutan.

Contohnya adalah ketika kita membuat larutan gula dengan mencampur butiran gula ke dalam air, ketika diaduk secara terus menerus maka butiran gula akan terlarut dalam air dan tak tampak lagi bentuknya karena sudah menyatuk dengan bentuk materi air.

Campuran Heterogen

merupakan suatu zat/materi yang terjadi atas dua macam zat atau lebih dengan partikel-partikel penyusunnya masih dapat dibedakan satu dengan lainnya.

Baca Juga  Tumbuhan yang mengeluarkan getah untuk melindungi dirinya adalah?

Contohnya adalah ketika kita membuat campuran air dan kerikil dengan mencampur kerikil kedalam air, walaupun kita aduk-aduk lama selayaknya membuat larutan gula diatas, kerikil tidak akan berubah bentuknya dan tetap akan tampak dengan jelas bentuk kerikil di dalam air.

Secara umum suatu campuran memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Terdapat lebih dari satu zat tunggal atau lebih
  • Isi dan Komposisinya dinamis
  • Tidak menghilangkan zat asalnya

Berdasarkan pada pengertian diatas, maka kita bisa mengidentifikasi setiap  pilihan campuran yang ada dan menggolongkan pada Campuran Homogen atau Heterogen.

1. Air + Gula

Campuran yang dibuat dari Air dan Gula akan menghasilkan Campuran yang bersifat HOMOGEN karena kedua jenis komponen memiliki sifat yang sama yaitu Hidrofilik atau mampu larut dalam air.

2. Air + Minyak

Campuran yang dibuat dari Air dan Minyak akan menghasilkan Campuran yang bersifat HETEROGEN karena kedua jenis komponen memiliki sifat yang berbeda yaitu air bersifat Hidrofilik atau mampu larut dalam air dan Minyak yang bersifat non polar bersifat Hidrofobik atau tidak larut dalam air.

3. Air + Pasir

Campuran yang dibuat dari Air dan Pasir akan menghasilkan Campuran yang bersifat HETEROGEN karena pasir tidak mampu larut secara sempurna dalam air karena ukuran partikel yang besar.

4. Air + Pewarna makanan

Campuran yang dibuat dari Air dan Pewarna Makanan akan menghasilkan Campuran yang bersifat HOMOGEN karena kedua jenis komponen memiliki sifat yang sama yaitu Hidrofilik atau mampu larut dalam air.

5. Minyak + Pasir

Campuran yang dibuat dari Minyak dan Pasir akan menghasilkan Campuran yang bersifat HETEROGEN karena pasir tidak mampu larut secara sempurna dalam Minyak karena ukuran partikel yang besar serta sifat minyak yang sukar melarutkan.

Baca Juga  Pada peristiwa rantai makanan dan jaring makanan terjadi?

6. Minyak + Pewarna makanan

Campuran yang dibuat dari Minyak dan Pewarna Makanan akan menghasilkan Campuran yang bersifat HETEROGEN karena pewarna makanan pada umumnya dibuat dengan sifat Hidrofilik yaitu suka air dikarenakan kebanyakan makanan terbuat dengan menggunakan pelarut air.

7. Minyak + Gula

Campuran yang dibuat dari Minyak dan Gula akan menghasilkan Campuran yang bersifat HETEROGEN karena Gula tidak mampu larut secara sempurna dalam minyak serta kemampuan minyak yang sukar dalam melarutkan.

 

KESIMPULAN

Berdasarkan pada uraian analisis diatas, maka pasangan campuran yang akan menghasilkan campuran yang tercampur secara sempurna atau bersifat HOMOGEN yaitu Air + Gula dan Air + Pewarna Makanan (A).