Zat zat yang tergolong unsur adalah

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Zat zat yang tergolong unsur adalah

Jawaban:

Zat-zat berikut yang tergolong unsur adalah ….

A. tembaga, kapur, dan urea

B. belerang, seng, dan kapur

C. gula, terusi, dan besi

D. hidrogen, belerang, dan seng

Jawaban

Pendahuluan

Zat dalam kimia diklasifikasikan menjadi unsur, senyawa, dan campuran. Penjelasan ketiga jenis zat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Unsur

Unsur merupakan zat tunggal yang terdiri dari sejenis atom. Unsur tidak dapat diuraikan lagi melalui reaksi. Bagian terkecil dari unsur disebut atom. Contoh unsur antara lain belerang, alumunium, besi, oksigen, dan kalsium.

2. Senyawa

Senyawa merupakan zat tunggal yang terdiri dari dua atau lebih atom. Senyawa dapat diuraikan melalui reaksi kimia. Bagian terkecil dari senyawa disebut molekul. Senyawa juga memiliki sifat, yaitu perbandinggan massanya selalu tetap dan senyawa memiliki sifat yang berbeda dari penyusunnya. Contoh senyawa adalah air (H₂O), gas karbondioksida (CO₂), gula, dan karbohidrat.

3. Campuran

Campuran tersusun dari dua zat atau lebih berlainan yang bergabung menjadi satu. Namun, masih tetap mempunyai sifat zat aslinya. Campuran dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

Campuran homogen

Yaitu, campuran yang tidak bisa dibedakan antara zat-zat yang bergabung. Zat-zat yang bergabung tersebut mempunyai sifat yang sama. Campuran homogen dapat bercampur sempurna. Contoh: air teh manis, sirup, larutan gula, dan larutan garam.

Campuran heterogen

Yaitu, campuran yang dapat dibedakan antara zat-zat yang bergabung. Campuran heterogen tidak dapat bercampur secara sempurna. Contoh: air dan pasir, minuman kopi bubuk (air, gula, kopi bubuk), air dan minyak , dan air sungai (air, pasir, tanah).

Pembahasan

Zat dalam kimia dibedakan menjadi unsur, senyawa, dan campuran. Perbedaan diantara ketiganya adalah unsur terdiri dari sejenis atom, senyawa terbentuk dari dua atau lebih jenis atom. Sedangkan campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih. Campuran ada dua jenis, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Campuran homogen tidak bisa dibedakan antara zat-zat yang bercampur, sedangkah campuran heterogen dapat dibedakan.

Baca Juga  Tujuan kedatangan bangsa spanyol di indonesia

Nah, berdasarkan penjelasan singkat di atas dapat kita simpulkan bahwa:

a. Tembaga= unsur (Cu)

b. Kapur = senyawa (Ca(OH)₂)

c. Urea = senyawa (CH₄N₂O)

d. Belerang = unsur (S)

e. Seng = unsur (Zn)

f. Gula = senyawa (C₆H₁₂O₆)

g. Terusi = senyawa (CuSO₄)

h. Besi = unsur (Fe)

i. Hidrogen = unsur (H)

Berdasarkan penjelasan tersebut, yang termasuk unsur adalah tembaga, belerang, seng, besi, dan hidrogen.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa zat-zat yang tergolong unsur adalah hidrogen, belerang, dan seng (pilihan D)

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Zat zat yang tergolong unsur adalah Semoga Membantu.