Strategi mengatasi ancaman di bidang pertahanan dan keamanan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Strategi mengatasi ancaman di bidang pertahanan dan keamanan

Jawaban:

Berbagai cara dalam mengatasi ancaman di bidang pertahanan dan keamanan adalah:

a.Strategi yang dibuat mengatasi ancaman dibidang pertahanan dan keamanana tak lain adalah dengan membuat sistem (SISHANKAMRATA).  Dimana, SISHANKAMRATA adalah bentuk upaya dari Indonesia untuk menjaga pertahanan dan keamanan di negara dan mengatasi ancaman di bidang pertahanan dan keamanan.

b.Sebagai warga negara, untuk mengatasi ancaman dibidang pertahanan dan keamanan juga bisa ikut berperang. Contohnya adalah dengan menjaga persatuan dan kesatuan, saling menghormati walaupun berbeda baik dari segi ras, suku, agama dan etnis. Bisa juga dengan menjalin hubungan dengan sesama masyarakat. Jadi, tidak semua warga negera perlu ikut bertempur dalam mempertahankan negara. Tetapi dimulai dari hal sederhana seperti menghormati orang lain dan mengenali yang namanya perbedaan.

c.Selanjutnya, dengan selalu bertekad kuat buat menjaga keutuhan negara Indonesia dengan membangun sistem pertahanan yang kuat. Dimana, dengan sistem pertahanan kuat itulah diharapkan agar tidak dihancurkan dengan mudahnya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itulah, dibutuhkan sikap menjaga kedaulatan dan keutuhan dari negara.

Penjelasan:

Ancaman Di Bidang Pertahanan dan keamanan berarti adalah segala usaha yang bermaksud bertujuan untuk membahayakan atau menganggu yang namanya kedaulatan dari suatu negara. Baik itu bersifat mengancam, menghambat ataupun bisa dibilang menganggu kedaulatan di negara itu sendiri.

Dilihat dari cara mengatasi dan pengertian dari ancaman di bidang pertahanan dan keamanan, pasti ada faktor atau penyebab terjadinya dari sebuah ancaman dibidang pertahanan dan keamanan.

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya ancaman di bidang pertahanan dan keamanan:

Baca Juga  Peranan pusat perwilayahan dalam pembangunan pada suatu wilayah adalah

Dari Asal datangnya ancaman itu sendiri.

Terbagi dua:

1. Ancaman dari luar yang berarti semua bentuk dari segala ancaman yang berasal dari luar negeri berkaitan dengan pertahanan dan keamanan nasional.

2. Ancaman dari dalam adalah bentuk lain dari ancaman luar. Jika ancaman luar datang dari luar, maka ancaman dalam datang dari segala bentuk ancaman yang datang dari dalam negeri serta berkaitan dengan pertahanan dan keamanan nasional buat mengatasinya.

a.Adanya konflik yang berunsur SARA.

b.Tindakan Penyelundupan Senjata

c Sabotase

d.Adanya Aksi Terrorisme.

Maaf kalau salah

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Strategi mengatasi ancaman di bidang pertahanan dan keamanan Semoga Membantu.