Contoh keberhasilan pelaksanaan asas wawasan nusantara

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Contoh keberhasilan pelaksanaan asas wawasan nusantara

Pendahuluan :

Menurut yang terdapat dalam Tap. MPR 1999, wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan negara untuk mencapai tujuan nasional. Di bawah ini dapat dilihat contoh keberhasilan, ketidakberhasilan, dan alasan tabel wawasan Nusantara.

Bidang Hukum

  • Keberhasilan : “Dilaksanakannya UU oleh seluruh rakyat secara menyeluruh dan tidak pandang hukum dalam menegakkan hukum“.

Karena, keberhasilan dari penciptaan itu sendiri adalah jika UU yang dibuat sesuai dengan aspirasi atau tampungan syarat dari masyarakat sehingga masyarakat akan melaksanakannya. Selain itu penegakan hukum harus dilakukan secara adil.

  • Ketidakberhasilan : “Banyaknya pelanggaran UU dan masih ada ketidakadilan dalam hukum“.

Karena, jika masih banyak yang melanggar UU, maka belum berhasil untuk mewujudkan asas wawasan Nusantara di bidang hukum. Contoh lain jika penegakan hukum masih terdapat kasus suap untuk memperingan atau membebaskan hukuman.

Bidang Politik

  • Keberhasilan : “Pemerataan di bidang pemerintahan dan tidak adanya kasus pemberontakan oleh rakyat“.

Karena, jika pemerintahan telah merata tidak akan terjadi pemusatan kekuasaan di tangan pemerintah pusat. Selain itu, tidak adanya pemberontakan yang muncul juga termasuk keberhasilan bidang politik.

  • Ketidakberhasilan : “Adanya pemusatan kekuasaan di pemerintahan pusat dan munculnya pemberontakan“.

Pemusatan kekuasaan dan munculnya pemberontakan merupakan ketidakberhasilan di bidang politik, karena rakyat yang terpengaruh dengan ideologi asing sehingga ingin mengganti ideologi Pancasila.

Baca Juga  Apa manfaat keberagaman ekonomi bagimu dan keluargamu

Bidang Ekonomi

  • Keberhasilan : “Terjadi suatu pemerataan ekonomi rakyat dan tidak adanya korupsi

Karena, jika tidak adanya kasus korupsi maka keuangan negara akan tetap berjalan secara stabil (tidak diambil oleh pejabat yang tidak jujur).

  • Ketidakberhasilan : “Korupsi yang merajalela dan terjadinya kesenjangan sosial“.

karena, jika korupsi semakin merajalela baik di kalangan pejabat ataupun pemerintahan dan adanya kesenjangan antara si kaya dan si miskin maka itu tandanya belum berhasil dalam segi ekonomi.

Bidang Pertahanan Keamanan

  • Keberhasilan : “Wilayah yang aman, terbebas dari terorisme, dan sengketa perbatasan oleh negara lain“.

Karena, jika tidak adanya terorisme di suatu negara serta tidak adanya sengketa perbatasan oleh negara lain, maka negara tersebut sudah dianggap aman dari ancaman keamanan.

  • Ketidakberhasilan : “Munculnya terorisme dan invasi militer dari negara lain“.

Karena, jika muncul terorisme dan invasi (pendudukan) militer dari negara lain menunjukkan kita kurang memedulikan pertahanan dan keamanan negara.

Bidang Sosial Budaya

  • Keberhasilan : “Melestarikan bergotong royong dan kebudayaan daerah“.

Karena, jika kita tetap dapat melestarikan kegiatan gotong royong dan kebudayaan daerah kita sendiri, artinya kita sudah berhasil menerapkan asas wawasan Nusantara di bidang sosial budaya.

  • Ketidakberhasilan : “Adanya klaim budaya sepihak oleh bangsa lain dan pengaruh globalisasi yang membuat munculnya perilaku individualisme“.

Karena, jika adanya pengeklaiman budaya sepihak oleh bangsa lain maka kita gagal untuk dapat mempertahankan budaya sendiri. Munculnya sifat individualisme juga membuat manusia hanya memedulikan diri sendiri.

Detail Soal :

Kelas : 10

Mata Pelajaran : PPKN

Kurikulum : 2013 Edisi Revisi

Materi : Bab 7 – Wawasan Nusantara

Kata Kunci : Keberhasilan, Ketidakberhasilan, dan alasannya perwujudan asas wawasan Nusantara

Baca Juga  Apa kewajiban siswa selain mengikuti pendidikan dasar

Kode Kategorisasi : 10.9.7

Pelajari Lebih Lanjut :

#OptiTimCompetition

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Contoh keberhasilan pelaksanaan asas wawasan nusantara Semoga Membantu.