Jelaskan interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya

           Interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alam adalah interaksi yang mengharuskan manusia menyesuaikan diri dengan alam dan menjadikan manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Sehingga manusia dapat memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papanya, sedangkan alam dapat terpenuhi kebutuhan perawatan, penjagaan, dan pengelolaannya dengan baik.

Pembahasan

           Interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alam adalah interaksi yang mengharuskan manusia menyesuaikan diri dengan alam dan menjadikan manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Maksud dari manusia harus menyesuaikan diri dengan alam adalah manusia harus pandai-pandai memposisikan diri dan mempelajari peristiwa alam, seperti menyesuaikan waktu tanam padi, menyesuaikan waktu untuk berlayar, dsb. Sedangkan maksud dari manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya adalah manusia dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi, contohnya seperti membuat hujan buatan untuk penanggulangan kemarau kepanjangan.

          Contoh-contoh interaksi manusia dengan alamnya adalah :  

  1. Petani yang menyesuaikan waktu tanam padi, dengan harapan padi yang ditanam dapat tumbuh dengan baik.
  2. Nelayan menyesuaikan waktu berlayar, dengan harapan hasil tangkapan yang didapat dapat maksimal.
  3. Pengusaha menyesuaikan waktu penjemuran ikan asin, dengan harapan ikan asin yang didapat dapat cepat kering dengan baik.

Detail Jawaban

Kelas          : V

Mapel         : Tematik

Bab            : Tema 6

Kode          : –

Baca Juga  Cara membuat sebuah tabel dengan garis tebal adalah

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya Semoga Membantu.